Dengan Seminar Kemendagri Bangkitkan Lagi Semangat Pemuda dan Mahasiswa Serang

bl-logoSERANG | BantenLink.Com — Dalam rangka memperkuat dan merangsang kembali wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air di kalangan pemuda dan mahasiswa di Kota Serang, Provinsi Banten. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggandeng pemuda dan mahasiswa menggelar seminar.

Dengan mengusung tema seminar “Masa Depan Negeri Ada di Tangan Pemuda” Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan Yayasan Islam Qolbun Salim dan Resimen Mahasiswa Provinsi Banten dalam kembali merangsang motivasi pemuda dan mahasiswa yang ada di Kota Serang.

Dalam sambutannya, Maya Reninta M.Si selaku Kasie Mediasi Sengketa Ormas Kementerian Dalam Negeri RI mengungkapkan, ini adalah salah satu bentuk kepedulian Kementerian Dalam Negeri dalam menumbuhkan dan merangsang kembali semangat motivasi pemuda dan mahasiswa.

“Ini adalah langkah kami (Kemendagri) sebagai upaya kembali merangsang semangat motivasi para pemuda dan mahasiswa khususnya di Kota Serang Provinsi Banten dan umumnya untuk para pemuda dan mahasiswa di Indonesia,” ungkapnya, Kamis (9/3/2917) di aula Kampus STIE BINA BANGSA Serang, Banten.



Maya menuturkan, pemuda dan mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa seterusnya. “Pemuda dan mahasiswa adalah generasi penerus bangsa,” katanya.

Lebih lanjut Maya mengatakan, ditambah zaman era globalisasi sekarang, kalau kita tidak sikapi secara dini, pemuda dan mahasiswa Indonesia bisa terjerumus ke arah yang tidak baik,” jelasnya.

Sementara itu, Resimen Mahasiswa Provinsi Banten, Hikmat, menambahkan, Resimen Mahasiswa selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada pemuda dan mahasiswa dalam meningkatkan peran serta mengawal demokrasi.

“Mudah-mudahan acara ini bisa kembali menumbuhkan motivasi pemuda dan mahasiswa,” katanya.

Tidak hanya itu, lanjut hikmat menjelaskan, kami miris dengan mahasiswa di kampus-kampus yang selalu mengejar nilai akademik dan lupa akan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa. Sedangkan pemuda dan mahasiswa adalah agen perubahan bangsa dan cikal-bakal calon pemimpin bangsa. “Nilai akademik penting, pengalaman berorganisasi juga penting,jadi harus seimbang,” bebernya.

“Pemimpin besar bukan dilihat dari nilai akademik saja, pemimpin harus menguasai di segala aspek dan harus menjadi suri teladan atau contoh,” ucapnya.

Untuk itu, kata Hikmat berpesan, jadilah pemuda dan mahasiswa untuk perubahan bangsa yang lebih baik lagi dan lebih bermartabat di mata dunia.

Dari pantauan di lokasi, hadir pula sebagai narasumber dari Kesbangpol Provinsi Banten, yang diwakilkan Kabid Wasbang, Drs Maman Suratman MH, dan Koramil 02/01 Serang, Kapt Inf Dayat Darto serta puluhan peserta seminar dari unsur pemuda dan mahasiswa di Kota Serang, Banten. (JWI) 

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply