Kerugian Produksi Air 34% Pejabat PDAM Terpaksa Dampingi Petugas Pencatat Meteran



Samsudin Sidik

Samsudin Sidik

TANGERANG | BantenLink.Com — Dalam setahun Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang mengalami kebocoran produksi air baku sebanyak 34 persen. Jika dibiarkan dapat menyebabkan kerugian Pemerintah dan kurang maksimalnya pelayanan akan tingginya kebutuhan masyarakat pada air bersih.

Produksi air bersih sendiri perlu efisiens. Terlebih bila musim kemarau pasokan air sungai Cisadane sebagai satu-satunya sumber yang dimanfaatkan PDAM TKR sering surut.

Untuk mengantisipasi persoalan berkelanjutan, PDAM TKR kimi giat memantau penyebab kebocoran air yang terjadi. Caranya, yakni menurunkan seluruh pejabat struktural (kantor) secara setiap hari ke lapangan untuk mendampingi petugas pencatat meter. Tiga lokasi yang disasar yaitu Wilayah Kota Tangerang, Pasarbaru, Pasarkemis dan Perumnas.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PDAM TKR, Samsudin Sidik, pada bantenlink.com menerangkan, dari 90 pejabat struktural yang ada, rutin secara bergantian mendampingi petugas pencatat meteran.

“Misalnya, Wilayah I mencakup pelayanan di Kota Tangerang, petugas pencatat meter ada sejumlah 8 personil turun bersama 8 orang kantor. Pendampingan pejabat juga dilakukan di Wilayah II meliputi Pasarbaru, Kota Tangerang dan Pasarkemis, Kabupaten Tangerang yang berjumlah 14 personil, serta Wilayah III di kawasan Perumnas,” ujar Samsudin, Senin (6/3), seusai mengalami rapat tentang pendampingan tersebut di kantornya.

Ditambahkannya, inisiatif pimpinan PDAM TKR melakukan pendampingan petugas pencatat meterair, selain untuk meneliti penyebab kebocoran sepertiga dari produksi air juga untuk acuan seperti apa kebocorannnya.

“Kebocoran produksi PDAM disebut sebagai air yang tidak berekening. Penyebabnya bisa fisik dan nonfisik, seperti bocornya pipa Dan kecurangan oknum tersebut. Pastinyanya ini membuat kerugian Pemkab Tangerang, sehingga harus kita cegah secepatnya,” tandas Samsudin. (edy)

Kantor PDAM TKR

Kantor PDAM TKR

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply