Di Musrenbang Desa Curugsangereng Camat Kelapadua Minta Tingkatkan Pelayanan Publik

Musrenbang

Musrenbang

TANGERANG, AMUNISI — Camat Kelapadua, Kab Tangerang, Banten, Dadan Gandana, menyampaikan terimakasih pada semua pihak terkait Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Curugsangereng.

Pada kesempatan itu dirinya mengenalkan diri sebagai Camat Kelapadua yang baru yang ingin banyak mendapatkan informasi. Selain adanya Musrenbang diharapkannya Pemerintah Desa Curugsangereng meningkatkan pelayanan Publik

“Terimakasih pada Kades, Sekdes, LPM, Babinsa, Binamas, Organisasi, Tokoh Masyarakat, Ulama dan Penggerak Perempuan, atas terselenggaranya Musrenbang,” ucap Dadan Gandana dihadapan seratusan peserta rapat tersebut.

Dalam kesempatan Camat Kelapadua menyampaikan selain perlunya perencanaan pembangunan juga penting meningkatkan pelayanan publik. Selain itu di Desa ada 3 pilar yang tak dapat dipisahkan, yakni Kepala Desa, Binamas dan Babinsa.



“Kades jangan sendiri-sendiri bekerja dan harus tahu dan bisa semua yang ada di wilayahnya. Misalnya di perumahan walau ada TMD (town management division), jangan ada negara dalam negara, sebab masih negara indonesia,” imbuh Dadan.

Masalah prioritas, lanjutnya, desa harus memiliki ruang 3 Pilar dalam pemberdayaan lingkungan dan mencegah kerawanan sosial. Selanjutnya Rw harus mengenal penghuni di lingkungannya.
“Dulu di STPDN kami diajari harus tahu apapun yang terjadi, walaupun jarum jatuh. Pengalaman menjadi Camat Legok pun, pernah atas izin dokumen Polres kami melakukan penggrebekan yang diduga pabrik narkoba.

Kami ditolak, saya bilang, Undang-undang apa yang membuat saya tidak bisa masuk ke perusahaan. Ternyata pihak yang digerebek usaha obat cina dan mengakui terdaftar,” imbuh Camat Kelapadua itu.
Dia juga meminta Pak RT harus jeli dan mesti tahu, karena Kelapadua wilayah sangat darurat dan banyak penduduk yang tidak ber-KK. Harus dicek identitasnya, mengantisipasi adanya pengontraknya teroris tempat produksi narkoba.

Rutinitas Musrenbang

Sementara itu, Kades Curugsangereng, Sukron, mengatakan Musrenbang sebagai rutinitas tahunan. Meskipun Desa Curugsangereng terbilang wilayah perkotaan maju yang segala sarana prasarana ada, namun masih ada yang harus terus dibangun, dan sebagai bentuk penuntasan program.

“Masih banyak program di desa Curugsangereng yang harus dituntaskan. Pencapaian pembangunan pun telah kami sampaikan dalam laporan pada Pak Camat Kelapadua sebelumnya pada tahun lalu,” ungkap Kepala Desa Curugsangereng, Sukron. (edy)

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply