Pramono Anung: Presiden akan Sampaikan Mengatasi Maraknya “Hoax” di Hari Pers Nasional



Pertemuan Menseskab Pramono Anung dengan Panitia HPN 2017

Pertemuan Menseskab Pramono Anung dengan Panitia HPN 2017

JAKARTA – Presiden Joko Widodo diperkirakan akan menghadiri puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di Kota Ambon, Provinsi Maluku, nanti. Bahkan akan menyampaikan kata sambutan yang menyinggung maraknya hoax (berita bohong) belakangan ini.

Hal tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab), Pramono Anung, saat menerima Tim Panitia HPN 2017 yang menyambanginya di Kantor Sekretaris Kabinet, Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, (31/1/2017).

“Kita berharap Bapak Presiden akan menghadiri dan memberikan kata sambutan pada HPN 2017 di Ambon. Saya sendiri sudah berkoordinasi dengan pihak istana dan mendapat kabar pasti kehadiran Pak Joko Widodo,” ujar Pramono pada Tim Panitia HPN 2017 yang diketuai Margiono.

Lebih jauh Menseskab menyebutkan, pada kata sambutan Presiden nanti akan menyinggung soal banyak beredarnya berita bohong dan upaya mengatasinya. Pada pertemuan diharapkan pula adanya diskusi wartawan seputar menanggulangi hoax tersebut.

“Pemerintah sangat konsen dengan persoalan hoax dan berharap adanya pembahasan secara khusus. Untuk itu mohon teman-teman pers memberikan dukungan,” ujar Pramono Anung.

Ditambahkan Menseskab, dalam menanggulangi berita bohong dan persoalan siber Pemerintah di bawah koordinasi langsung Presiden telah membentuk Badan Cyber Nasional, diantaranya terkait Cyber Defence di bawah Kementerian Pertahanan, Cyber Intelligence yang dimiliki BIN dan Cyber Security dibawah Kepolisian.

“Memang informasi hoax justru lebih banyak berasal dari luar dan bukan dari dalam negeri. Namun pemerintah serius mengatasi hal ini karena berpotensi memecah-belah persatuan bangsa,” imbuh Pramono.

Dia mengharapkan media massa bekerja sama dengan Pemerintah dalam memberikan informasi dan pendidikan yang valid kepada publik.

Sementara, Margiono selaku Penanggung Jawab HPN 2017 menanggapinya dengan menyambut positif ajakan pemerintah tersebut.

“Ya, salah satu sesi kegiatan HPN 2017 di Ambon nanti akan kita bahas soal maraknya hoax ucap penanggung jawab hajat besar pers yang juga Ketua PWI Pusat itu.

Disebutkannya, Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, akan menjadi partner diskusi wartawan se-Indonesia.

“Pada Hari Pers Nasional nanti akan kita rumuskan bagaimana sikap menghadapi informasi hoax di medsos,” tandas Margiono. (*/ed)

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply