SMKN 7 Kab Tangerang Sekolah Rujukan yang Terus Berkembang



SMKN 7 Kabupaten Tangerang

SMKN 7 Kabupaten Tangerang


TANGERANG | BantenLink.Com — Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang beralamat di Perumahan Dasana Indah, Kecamatan Kelapadua, Kabupaten Tangerang, Banten, merupakan sekolah yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SMK) di Kabupaten Tangerang Banten. Untuk mempertahankan mutu pendidikan, SMKN 7 pun telah disertifikasi BCert dan JAS-ANZ.

Kepala Sekolah Drs Jamas Sopiandi MPd dibantu Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Manajemen Mutu Esti Praseyaningsih MPd, Wakasek Kurikulum Mimin Aminah MPd, Wakasek Hubungan Masyarakat dan Hubungan Industri (Humas-Hubin) MM Nunik Widayati MPd, Wakasek Kesiswaan Sri Murlistyowati SPd MSi. Wakasek Sarana dan Prasarana (Sarpras) Jaenudin MPd dan Kordinator BKK Dadang Muman Aripin SPd.

Menurut Zaenuddin MPd, mewakili kepala sekolah Drs Jamas Soewandi SPd, siswa SMKN 7 berjumlah 1730 orang dengan 41 Rombel di 6 Jurusan dan tiap Program Kompetensi Keahlian tersedia untuk 3 kelas. Dengan jumlah guru/staf
92 orang (PNS 27 orang, lainnya honor), Jumlah lokal 28 ruang, Laboratorium 6 ruang (tiap jurusan), 1 ruang komputer, berlantai 2 di lahan 2 hektar, MCK sesuai standar UKS, menjadi sekolah rujukan dengan 8 standar pokok pendidikan, meskipun masih terus mengalami pengembangan sumberdaya manusia dan sarana-prasarana.

Dengan motto SMK Bisa, SMKN 7 saat ini menjadi sekolah rujukan dengan 6 Program Kompetensi Keahlian, meliputi meliputi Teknik Permesinan Terakreditasi B dipimpin Kepala Program (Kaprah) Eko Rudiyanto ST, Teknik Kenderaan Ringan Terakreditasi A Kaprog Dwi Sri Intriwanti MPd, Akomodasi Perhotelan Terakreditasi A Kaprog Nuraini Sriningsih SIp SPd, Akuntansi Terakreditasi B Kaprog Dipo Pasundan SE, Teknik Sepeda Motor Kaprog Sukroni ST dan Tataboga Kaprog Aulia Darmawan STPar.

Kompetensi keahlian meliputi:

1) Teknik Permesinan. Unit produksi bidang jasa pembuatan pagar tralis, dudukan pot dan sebagainya. Bervisi dan misi tamatan jujur, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan profesional, dengan implementasi iman dan takwa, kegiatan belajar mengajar berorientasi SNP dan IPTEK dengan unit produksi menumbuhkan jiwa wirausaha dan kemandirian dengan lingkungan budaya wiyata mandala serta mengimplementasikan kecakapan hidup dan lingkungan hidup. Unit produksi permesinan seperti pembuatan pagar, teralis dan pot bunga yang pemasarannya di kalangan internal (berjalan di lingkungan guru) dengan harga standart. Pengerjaaan dilakukan siswa di luar jam belajar pada hari Rabu, Kamis dan Jumat yang dikerjakan mulai jam 12.30 WIB sepulang sekolah. Kerjasama dengan PT Kukdong Perdana Mulya, PT Propan, PT Prima Plastik Indonesia, PT Sato, Jembo Kabel, PT Buana Merdeka, PT Porter, PT Daya Manunggal Diesel, PT Pardic Jaya Chemical, PT Stanley, PT Platindo dan PT Santoso.

2) Teknik Kendaraan Ringan. Unit produksi teknik otomotif bidang jasa tune-up dan steam. Dengan visi-misi tamatan berkompeten, kompetitif, berakhlak mulia, religius, diterima di dunia kerja dan memiliki jiwa wirausaha berketerampilan, pengetahuan dan sikap berkompeten bidang perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga, chasis, suspensi, sistem kelistrikan otomotif dan perbaikan engine. Kerjasama dengan AHASS Kelapadua, PT Sejin, PT Yamaha Cemerlang, Auto 21, PT Pramono 3T, PT Yamaha Kurnia Motor, PT Tekno Plast, Tunas Toyota, PT Japfa Comveed, PT Motoreko Mobilindo, PT Kawasaki, PT Global Nikel Multiguna, PT Blue Birds Group, PT Mitra Makmur Jaya Mandiri.

3) Akomodasi Perhotelan berbisi-misi menjadi jurusan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan seni menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) profesional di perhotelan yang memahami, menggunakan dan mengembangkan produk kerja cipta yang bermanfaat bagi pengelola pekerjaan. Dapatmengatasi masalah-masalah bidang perhotelan, serta menyelenggarakan pendidikan profesional perhotelan, program sertifikasi dan pelatihan yang diperlukan masyarakat untuk mengembangkan budaya wirausaha mandiri bidang perhotelan. Kerjasama Hotel Santika Premier ICE, Hotel Santika BSD, Aryaduta Lippo Karawaci, Mercure Alam Sutra, Menara Peninsula, Aryaduta Semanggi, Novotel Tangerang, Atria Gading Serpong, Sahid Jaya Jakarta, Ibis Gading Serpong,

4) Akuntansi. Unit produksi keahlian akuntansi bergerak di bidang mini market dan mini bank. dengan visi tamatan berkualitas dan standar industri nasional yang mampu wirausaha dengan aklak mulia dan Iptek, dengan menyelenggarakan diklat dengan keahlian mampu mengembangkan sikap profesional, mandiri, trampil, dan berwawasan. Menciptakan peserta didik unggulan yang berbudaya, handal serta trampil pada bidangnya, dengan standar industri nasional dan internasional. Kerjasama dengan PT Varian Indonesia, KPP Pratama, PT Jasa Marga Serpong, PT Matahari Dept Store, PT Sinar Land Plaza, PT Sumarsono Serpong, PT Teh Botol Sosro, Samsat, BTN dan PT Anabatic Technologies.

5) Teknik Sepeda Motor. Unit produksi bergerak dalam jasa service dan ganti oli sepeda motor. Bervisi misi menjadikan keahlian teknik sepeda motor yang mampu memahami menggunakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, guna menghasilkan sumberdaya manusia profesional bidang sepeda motor, juga mampu mengatasi masalah masalah di bidangnya secara bijaksana dan berwawasan lingkungan dengan menyelenggarakan pendidikan profesional, program sertifikasi pelatihan masyarakat untuk mengembangkan budaya wirausaha mandiri di bidang seperda motor yang berwawasan lingkungan. Kerjasama AHM, Wahana Makmur Sejati, Kementrian Perindustrian, Kementrian Sumberdaya Manusia, Kementerian P dan K, Menko Pembangunan Manusia dan.Kebudayaan, Menaker, Meneg BUMN, CV Kurnia Motor, PT YSS Putra Motor BSD, PT Prima Komponen Indonesia, PT Indomobil Multitrada, PT Ahass Honda, PT Superstar Motor dan Jas Body Repair.

6) Tata Boga. Unit produksi jurusan tataboga bergerak dalam bidang penyedia makanan. Bervisi-misi mewujudkan lembaga diklat unggul dalam menamatkan tenaga ahli berstandar internasional dan mampu bersaing di pasar global. Mengembangkan iklim belajar dan bekerja kompetitif dengan pemberdayaan potensi sekolah, guru, siswa dan masyarakat yang dilandasi kedisiplinan dan kejujuran. Kerjasama Hotel Santika Premier ICE, Hotel Santika BSD, Hotel Aryaduta Lippo Karawaci, Hotel Mercure Alam Sutra, Hotel Menara Peninsula, Hotel Aryaduta Semanggi, Hotel Novotel Tangerang, Hotel Satria Gading Serpong, Hotel Sahid Jaya Jakarta dan Hotel Ibis Gading Serpong. (edy)

Perlengkapan mesin bagian sapras SMKN 7

Perlengkapan mesin bagian sapras SMKN 7

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply