Kabid PTK Disdik Tangerang: Guru Cakep Diangkat Jadi Kepala Sekolah Akhir Desember Ini



Kosrudin Kabid PTK Disdik Kab Tangerang

Kosrudin Kabid PTK Disdik Kab Tangerang

Peserta ujian kepala sekolah

Peserta ujian kepala sekolah

TANGERANG, BantenLink.Com — Guru yang lulus mengikuti ujian calon kepala sekolah (Cakep) lingkup Sekolah Dasar (SD) Negeri di Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Banten pada akhir bulan Desember 2016 ini dipastikan segera akan mengisi jabatan sebagai kepala sekolah baru.

Dengan begitu, kepala sekolah merangkap bekerja sebagai pelaksana tugas di sekolah lain segera akan mengakhiri tugasnya, dan fokus di sekolah definitifnya karena telah ada penggantinya yang akan ditempatkan di SD Negeri di berbagai kecamatan.

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Kabid PTK), Kosrudin, mengemukakan hal itu di sela berlangsung ujian calon kepala sekolah yang bertempat di SMA Negeri 3 Curug pada Jumat 2 Desember 2016.

“Ada 70 dari 276 calon kepala sekolah yang lulus akan mengisi jabatan kepala sekolah baru di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang. Setelah pengumuman kelulusan, Sekda akan membuatkan surat pengangkatan kepala sekolah. Kita berharap, pada akhir Desember Kepsek baru sudah diangkat dan tidak ada lagi jabatan kepala sekolah ganda,” papar Kosrudin pada bantenlink.com.

Dia menambahkan, karena banyaknya kepala sekolah yang telah pensiun, membuat selama ini banyak sekolah yang dijabat oleh pelaksana tugas. Diharapkan, dengann adanya kepala sekolah yang menjabat secara definitif, akan membuat berbagai kegiatan di sekolah berjalan lebih efektif.

Disebutkan Ketua PGRI Kabupaten Tangerang itu, ujian kepala sekolah selama 2 hari yang diadakan pada 1-2 Desember 2016 mulai jam 08.00 sampai 11.30 WIB, berisi berbagai materi kompetensi akademik dan essay pemecahan kasus di sekolah.

Periodisasi Mulai 2017

Saat ditanyakan tentang masa atau perioridisasi dan sosialisasi jabatan Kepala Sekolah kembali menjadi guru pengajar kelas sebagai sesuatu hal yang biasa dalam dunia pendidikan, Kosrudin menyebutkan, Disdik Kabupaten Tangerang baru akan memulainya pada 2017.

Dijelaskan, setelah lulus seleksi, para kepala sekolah akan menandatangani assesment menjabat selama 2 periode atau 8 tahun.

“Dinas Pendidikan selalu menyosialisasikan tentang periodisasi jabatan kepala sekolah agar kepala sekolah yang telah menjabat 8 tahun harus siap kembali menjadi guru pengajar. Syukurnya, para kepala sekolah yang telah menjabat 2 periode di Kabupaten Tangerang, kebetulan akan memasuki masa pensiun. Jadi, setelah tidak jadi kepala sekolah, enggak ada tuh yang stres-stres,” candanya. (edy)

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply