TRANSPLANTASI GINJAL, DONOR GINJAL TETAP BISA HIDUP NORMAL

Transplantasi ginjal merupakan tindakan terbaik untuk mengganti ginjal yang sudah mengalami disfungsi pada tubuh seseorang. Disfungsi ginjal bisa disebaban karena terkena penyakit gagal ginjal stadium akhir. Namun kendalanya sampai saat ini masyarakat yang mau dan ikhlas menjadi donor ginjal sangatlah sedikit. Sebagian besar mereka beranggapan bahwa orang yang sudah menjadi donor ginjal atau ginjalnya ditransplantasi akan mudah terserang penyakit. Donor ginjal memiliki 2 jenis yaitu kegiatan donor ginjal dari orang yang masih hidup dan masih memiliki hubungan darah, dan kegiatan donor darah dari orang yang sudah meninggal.

Namun di negara Indonesia belum ada pernytaan tentang legalnya mengambil ginjal dari orang yang sudah meninggal. Dengan bantuan obat – obatan dan peralatan kedokteran yang semakin maju, transplantasi ginjal bisa dilakukan juga oleh orang yang sudah meninggal dan tidak memiliki hubungan darah sama sekali. Donor ginjal hidup sudah pasti memiliki lebih banyak kelebihan dibanding donor ginjal yang sudah mati atau sering disebut dengan donor cadaver. Sebelum menyumbangkan ginjalnya untuk orang lain, seseoarang harus mengikuti seluruh aturan prosedural yang berlaku. Hanya orang – orang yang dinilai memiliki kecocokan saja yang dinyatakan siap mendonorkan ginjal kepada pasien.

Donor Ginjal Tetap Bisa Hidup Normal

Pernyataan ini diungkapkan oleh salah satu dokter spesialis ginjal, Tunggu Situmorang pada acara sosialisai donor ginjal yang dilaksanakan dalam diskusi Hari Ginjal Sedunia yang dilakukan oleh Kidney Care Club di Jakarta. Dokter mengatakan bahwasannya tubuh hanya memerlukan 25% dari ginjal, jadi ketika seseoarang mendonorkan satu ginjalnya, masih memiliki 50% ginjal yang masih dua kali lipat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi anggapan bahwa yang mendonorkan ginjal tidak akan memiliki hidup normal adalah sesuatu yang salah.



Harga Yang Dibutuhkan Untuk Melakukan Transplantasi Ginjal / Donor Ginjal

Untuk melakukan operasi transplantasi ginjal, bukan hanya dibutuhkan seseoarang sukarelawan pendonor ginjal, namun juga dibutuhkan biaya operasi yang tidak sedikit yaitu berkisar antara 120 – 200 juta rupiah. Dana ini belum termasuk obat – obatan yang harus dikonsumsi pasca operasi transplantasi. Kemudian dana 750 ribu rupiah digunakan untuk melakukan cuci darah dialisis sebelum operasi transplantasi dilakukan. Lagi – lagi harga ini belum termasuk harga obat – obatan. Oleh sebab itu sebaiknya kita yang masih dalam keadaan sehat ini, selalu berusaha untuk menjaga kesehatan kita dengan baik, karena kesehatan memang sangat mahal harganya.

Syarat Menjadi Donor Ginjal

Donor hidup, yaitu ginjal yang diambil dari manusia yang masih hidup dan sehat serta harus memenuhi kriteria seleksi untuk melakukan donor jantung. Sebelum mendonorkan ginjal seseorang harus memnuhi kriteria dan syarat tertentu. Berikut beberapa syarat menjadi donor hidup ginjal.

  1. Usia pendonor sudah diatas 18 tahun
  2. Sehat mental dan fisik
  3. Diutamakan yang memiliki golongan darah yang sama
  4. Memiliki tekanan darah normal
  5. Tidak memiliki penyakit dan gejala diabetes
  6. Tidak memiliki kanker
  7. Tidak memiliki penyakit pembuluh darah
  8. Tidak memiliki kelainan batu ginjal
  9. Memiliki berat badan yang ideal

 

Hendri Gunawan

Author: 

hanya sekedar hobi menulis

Leave a Reply