Duh MTsN Pagedangan, Usai Soal Program Unggulan Berbayar Diterpa Isu Pungutan Pembangunan



MTsN Pagedangan

MTsN Pagedangan

TANGERANG | BantenLink.Com –Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, diterpa isu miring lagi. Meskipun tak lagi perkara pengadaan kelas unggulan berbiaya plus seperti masa-masa lalu, tapi kini perkara lain.

Terbetik kabar yang tak sedap, sekolah bernaung di bawah Departemen Agama setingkat SMP dan seharusnya gratis itu, diduga memungut sejumlah dana dari setiap siswa untuk pembangunan. Saat hal ini hendak ditanyakan duduk persoalannya pada Kepala Madrasah bernama Halimatussadiah pada Rabu 31 Agustus 2016, sayangnya disebutkan sedang tidak berada di sekolah.

Wartawan bantenlink.com dan aktivis LSM Institut for Indonesia Local Policy Studies, Firma, pun hanya diterima Wakamad MTsN bidang Humas bernama Murdi. Namun lagi-lagi dirinya mengatakan tak bisa memberikan penjelasan.

“Kepala Madrasah sedang tugas luar. Tanyakan hal itu pada Ketua Komite sekolah pak Haji Suro. Ada atau tidak ada (pungutan) konfirmasikan saja pada beliau. Kalaupun ada tentu tidak sembarangan melakukannya, jelas ada dasar hukumnya,” ucapnya.

Anehnya, meskipun MTsN sebagai lembaga pendidikan pemerintah dan dipimpin oleh Kepala Madrasah, namun jika ada pihak kontrol sosial yang mempertanyakan dugaan pungutan, malah diarahkan pada komite sekolah yang tidak diketahui dimana berada dan ruangan kantornya.

“Tanyakan sajalah masalah itu ke rumah komite,” tandasnya.

Karena hal itu, Firma sebagai aktivis LSM terkait perkara kepala madrasah seolah tidak terlibat dugaan pungutan menjadi tanggung jawab komite sekolah, merasa terpanggil untuk segera melaporkan pada kejaksaan.

“Saya pun meminta Departemen Agama agar memberikan penjelasan dan menyikapinya,” tegas Firma. (edy)

Murdi

Murdi

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply