Ponpes Miftahul Khaer Siapkan Madrasah Aliyah (SMA) Unggulan Setaraf Insan Cendekia

Kiai Hafiz Gunawan pendiri Ponpes Miftahul Khaer

Kiai Hafiz Gunawan pendiri Ponpes Miftahul Khaer

TANGERANG | BantenLink — Kiai Hafiz Gunawan merupakan sosok pengelola Pondok Pesantren yang terbilang sukses di Kabupaten Tangerang, Banten.

Setelah gencar membangun Ponpes Miftahul Khaer di Kampung Babakan, Kelurahan Subakti, Kecamatan Curug, kini mengembangkan sayap di Ponpes Miftahul Khaer 2 Kampung Kebon, Desa Rancaiyuh, Kecamatan Panongan.

Kunci kesuksesannya, tak lepas dari team work, dan kerja keras penuh disiplin. Kini di tanah kelahirannya, Desa Rancaiyuh terus membangun sarana-prasarana Ponpes Miftahul Khaer 2, yang dipersiapkan menjadi Madrasah Unggulan tingkat Aliyah (SMA).

Keinginan mendirikan Madrasah Aliyah unggulan yang masuk melalui tes ketat, diilhami ketenaran Madrasah Aliyah Insan Cendekia di berbagai daerah yang didirikan mantan Menristek BJ Habibi yang berlandaskan IPTEK.

Perbedaannya, jika Insan Cendekia berkonsep boarding school dibiayai pemerintah, Ponpes Miftahul Khaer 2 dibiayai secara mandiri.

Kepercayaan masyarakat sendiri mengasramakan putra-putrinya di Ponpes yang jumlah muridnya 1200-an, karena meski belajar ilmu salafi, namun membekali dengan kurikulum nasional dan modern.



Bukan hanya mempelajari ilmu Alquran, Hadist, Tafsir dan kitab Riyadussalihin, tapi tetap menjaga tradisi pesantren seperti menghormati guru, pria pakai peci dan wanita mengenakan kerudung.

Ponpes Miftahul Khaer melayani pendidikan mulai Raudlatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Di tingkat perguruan tinggi memiliki STKIP dan STIT.

Pendidikan Ponpes sendiri selama 6 tahun, mulai MTs hingga MA. Ada 2 ijazah yang dikeluarkan, yakni ijazah pemerintah dan Ponpes. Ditandai wisuda, Santri terbaik dikalungkan sorban oleh Kiai Ponpes.

Santri pun mengisi waktu belajar dan melaksanakan ibadah yang padat. dibekali ilmu pengetahuan umum dan agama yang berlandaskan akhlakulkarimah berlandaskan ahlussunnahwaljamaah.

Kegiatan santri bangun sebelum shalat Subuh. Jam 07.00-13.00 Wib siang melaksanakan pendidikan formal. Jam 14.00 Wib. belajar nonformal hingga sore dan beribadah sebelum waktu tidur.

Tapi soal prestasi tak perlu diragukan. Tak ada lulusan yang mengganggur, semuanya melanjutkan kuliah, langsung bekerja atau mengabdi di Ponpes lagi sesuai ilmu pengetahuan dan prestasinya.
(ed)

Ponpes Miftahul Khaer 2 di Kampung Kebon, Desa Rancaiyuh, Kecamatan Panongan

Ponpes Miftahul Khaer 2 di Kampung Kebon, Desa Rancaiyuh, Kecamatan Panongan

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply