Mendikbud: Sekolah Diminta Kerjasama dengan Kelurahan Mendata Penerima “Kartu Pintar”



Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy

JAKARTA | BantenLink – Masyarakat masih banyak yang belum mencairkan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Karenanya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, meminta segera mencairkan dana pendidikan tersebut.

Terkait adanya salah seorang siswa yang sudah menerima KIP sejak Ramadan lalu namun belum mencairkannya, untuk itu Dinas Pendidikan dan sekolah diminta kerjasama dengan kelurahan dalam mendata penerima KIP. Hal ini disampaikannya saat sosialisasi KIP di SMAN 1 Siak, Riau, Senin (22/8).

Dia menjelaskan, belum lama ini dia bersama tim survei menemukan kejanggalan pendistribusian KIP. Fakta di lapangan banyak KIP yang belum sampai ke tangan siswa dan sekolah. Namun kalau punya KIP, jangan hanya disimpan dan memanfaatkan subsidi tersebut untuk biaya sekolah.

Pihak bank diharapkannya membantu menyukseskan bantuan pemerintah ini. Diharapkan mau mendatangi sekolah dan siswa yang daerahnya jauh . Jika sesuai persyaratan KIP harus dicairkan.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini mengungkapkan, jumlah penerima KIP baru sebanyak 60 persen dari 17.927.308 siswa. Namun, tim validitas Kemendikbud menemukan 20 persen KIP masih di kantor desa atau kelurahan .

Editor: Edy Syahputra T

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply