Pesantren Dzikir Tarekat Qadariah wa Naqsabandiah “Al Ikhlas” Giat Membangun Sekolah Gratis



Al Ustadz Habibullah Al Faqir Illallah Endang Haryana Tajuddin Syarif

Al Ustadz Habibullah Al Faqir Illallah Endang Haryana Tajuddin Syarif

TANGERANG | BantenLink — Saat ini pondok pesantren menjadi lembaga kepercayaan masyarakat dalam memantapkan keimanan Islam dan pembentukan akhlak

Untuk Yayasan Majelis Dzikir Al Ikhlas (YMDAI) Tangerang dalam misi mencerdaskan anak bangsa, berencana mengelola pendidikan SD/MI dan SMP/MTs berbiaya gratis.

Ponpes yang didirikan Ustadz Habibullah Al Faqir Illallah Endang Haryana Tadjuddin Syarif beralamat di Kampung Manukung, desa Rancabuaya, kabupaten Tangerang, Banten.

Awal kegiatan pesantren tersebut pasca era reformasi 1998 dengan beberapa santri yang merangkap amilin dan relawan terbentuk madjlis dzikir YMDAI di jalan Murai, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang.

Masa berikutnya berkembang menjadi baitul mal yang rutin menyelenggarakan bakti sosial pada yatim piatu dan kaum duafa.

Pemberian beasiswa pada anak-anak yang membutuhkan juga dilakukan YMDAI. Berangkat dari kepedulian tersebut, Insyaallah pada tahun ajaran 2018 akan melayani pendidikan formal.

Ini sebagai pengembangan majlis zikir tarekat Qodariah wa Naqsabandiah, yang menerapkan ilmu tauhid ke dalam kerangka ilmiah.

YMDAI berlandaskan Kitab Usuluddin tentang Ketuhanan, meyakini Tarekat yang dicari orang. Di dalamnya mengkaji keimanan secara ilmiah.

Selama ini kegiatan dengan melaksanakan zikir di ponpes secara berjamaah setiap Jumat malam bada Shalat Isya.

Rencananya, di atas lahan seluas 3200 meter persegi YMDAI menyediakan sarana dan prasarana zawiyah atau tempat berkhalwat dan balekambang tempat berzikir.

Berawal pembangunan Taman Prasasti bernama Ismet Iskandar, kini YMDAI giat membangun gedung untuk sekolah formal.

Misi YMDAI adalah revolusi mental dengan membawakankan agama dalam pergerakan tarekat yang juga menyelenggarakan baitul mal.

Berkaitan dengan itulah penyelenggaraan sekolah gratis dengan basis agama sangat diperlukan.

YMDAI melakukannya dengan menghimpun biaya secara swadaya dengan pemikiran seharusnya anak-anak seharusnya sekolah tidak membayar. (edy)

PhotoGrid_1471611698493

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply