Polisi Buru Teman “Pak RT” Pemalsu Kartu BPJS

pemalsu bpjs

Jakarta|bantenlink.com–Tertangkapnya pemalsu Kartu BPJS Kesehatan oleh Polsek Koja, Jakarta Utara, memberikan titik terang akan adanya pelaku lainnya. Pasca tertangkapnya DF mantan Ketua RT08/12 Koja, DF, kini polisi memburu Iw teman DF yang diduga terlibat.

“Berdasarkan pengakuan DF, temannya bernama Iw ikut terlibat dan kini dalam pengejaran polisi. DF mengaku, kartu BPJS Kesehatan palsu dibuat teman yang dikenalnya tahun 2014 di area kantor BPJS Kelapa Gading,” ujar Kapolsek Koja, Kompol Supriyanto pada wartawan, Rabu (10/8/2016).

Dikatakannya, DF adalah tokoh masyarakat di Koja sehingga dipercaya lingkungannya saat menawarkan kartu BPJS palsu. Tapi yang diberikannya kartu BPJS palsu.



Dia ditangkap setelah korban bernama Mariani melakukan pengecekan kartu di Puskesmas Koja pada 4 Agustus lalu. Namun jelas saja nomornya tidak terdaftar secara online. Gilanya, korban meminta diuruskan BPJS di kantor Kelapa Gading, malah dibuatkan di sebuah percetakan di Rawamangun.

“Setelah korban bernama Mariani melaporkan kejadian menimpanya pada kami, tim penyidik melakukan penyelidikan dan penyidikan.Kanit Reskrim Polsek Koja AKP Tihar Marpaung pada Sabtu 6 Agustus 2016 berhasil meringkus tersangka DF di rumahnya,” imbuh Kapolsek itu.

Dijelaskannya, Polsek Koja menetapkan dari hasil penyelidikan DF mengaku telah membuat kartu BPJS Kesehatan palsu untuk 7 KK dengan dan 28 orang. Atas perbuatan itu dia dijerat pasal 263 KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Lebih jauh dikatakan Supriyanto, berdasarkan pengakuan DF ada orang lain terlibat bernama Iw, yang kini dalam pengejaran polisi. DF sendiri mengenal Iw seusai mengantri di area kantor BPJS Kelapa Gading.

“Saat minum kopi di warung, DF berkenalan dengan Iw yang kemudian menawarkan kartu BPJS. Janji Iw kartu BPJS bisa selesai cepat dengan biaya hanya Rp 80 ribu per satu KK. Ternyata dibuatkan di sebuah percetakan di Rawamangun yang selesainya hanya menunggu 3 jam,” tandas Supriyanto (ed)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply