Penampilan Seni Murid SDN Medang pada Lepas-alih Pukau Ratusan Penonton



2016-06-08_13.11.55
TANGERANG | Bantenlink — Penampilan seni sejumlah siswa-siswi SD Negeri Medang, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, memukau ratusan ratusan masyarakat setempat saat pagelaran upacara adat Sunda dalam acara pelepasan dan kenaikan kelas sekolah tersebut pada Sabtu 4 Mei 2016.

Suara decak lidah dan tepuk tangan penonton yang sebagian besar juga sebagai orang tua siswa sekolah tersebut. Termasuk Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Pagedangan, H Husni Thamrin SH. Bahkan walau cuaca sedang terik menyengat pada dari pagi hingga siang saat kegiatan akhir sekolah.

Namun tak seorang pun penonton beringsut dari lapangan tempat acara sambil menatap panggung. Pentas seni seperti tari-tarian daerah, pembacaan puisi pentas musik tradisional angklung dan degung, dan paduan suara lagu- lagu nasional menjadi hiburan gratis yang menarik untuk dinikmati silih berganti.

Jpeg

Jpeg


Puncak penampilan para murid berbakat itu secara kolosal menampilkan adat lengser Sunda yang ditandai dengan sungkeman yang mewakili para siswa-siswi pada Bapak Kepala SDN Medang dan Ibu mewakili para dewan guru yang diringi pembaca puisi bertema ucapan terima kasih untuk bapak dan ibu guru,yang ditutup dengan foto bersama.

Drs H Nabhani MA selaku Kepala SD Negeri Medang didampingi Humas bernama Warsana SPd menyebutkan, kegiatan pentas seni merupakan kegiatan rutin yang selalu diadakan pada setiap berakhirnya tahun pelajaran.

Pada tahun 2016 ini sekolah pemerintah dengan jumlah murid 480 orang yang bersekolah di tengah Perumahan Medang Lestari dan diapit kawasan akan melepas murid Kelas 6 sebanyak 76 siswa- siswi untuk melanjutkan studi ke jenjang SMP/Tsanawiyah.

Jpeg

Jpeg


“Jumlah murid kami 480 orang, sebanyak 76 siswa-siswi akan melanjutkan ke jenjang SMP atau Tsanawiyah. Sedang murid kelas 1,2,3 4 dan lima akan naik kelas,” ungkap Drs H Nabhani MA pada bantenlink.com seusai acara.

Ditambahkannya, untuk suksesnya seremonial lepas-alih siswa, hanya dengan persiapan yang sangat singkat dan berlatih ketat cuma selama 1 minggu. Tapi persiapan kegiatan lepas-alih itu terbantu ektrakurikuler yang dilaksanakan tiap hari Sabtu pada mata pelajaran pengembangan diri.

“Kegiatan Lepas Alih siswa-siswi SD Negeri Medang bisa terlaksana lancar dan sukses karena dukungan moril dan material dari segala pihak, terutama dari Komite Sekolah dan orang tua murid karena bangga anaknya mendapatkan ilmu dan ketrampilan seni yang mumpuni bersekolah di sini,” ungkap H Nabhani. (edy)

Jpeg

Jpeg

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply