FREEDOM HOUSE : KUALITAS PEMERINTAH INDONESIA TURUN



Organisasi non pemerintah terkemuka yang berada di Washington DC, Amerika Serikat merilis penilaian tahunan dengan judul “Country at the Crossroads 2012” menyatakan bahwa penegakan berbagai aturan reformasi masih lemah dan kualitas demokrasi di Indonesia masih rendah karena kurang ada kemauan politik (political will).

Banyak pengamat yang mengukuhkan gagalnya pemerintah saat ini mengawal reformasi seperti yang diharapkan masyarakat. Terkesan pemerintah dan elemen tertentu jelasnya menunggangi reformasi untuk kepentingan sempit  politis jangka pendek.  Begitu juga lembaga demokrasi yang ada dalam kenyataannya tidak bisa menjalankan amanah reformasi dengan baik.  Hampir bisa dipastikan semua  lembaga yang ada selain Yudikatif tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan benar.  Kondisi ini merupakan cermin gagalnya pemimpin dan pemerintahan yang ada dalam  menjalankan amanah rakyat.

Pemerintah sendiri melalui beberapa pejabatnya  yang berwenang mengakui keadaan tersebut, walaupun memperhalus dengan bahasa “menerima penilaian tersebut sebagai masukan positif untuk perbaikan pengelolaan pemerintahan kedepan”.

Hendri Gunawan

Author: 

hanya sekedar hobi menulis

Leave a Reply