Ponpes Miftahul Khaer Luluskan Santri MA dengan Ijazah Ganda

Kegiatan Wisuda Ponpes Miftahul Khaer

Kegiatan Wisuda Ponpes Miftahul Khaer

TANGERANG, BantenLink – Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Khaer, Curug Tangerang Banten, Kamis (5/5/2016) mewisuda sebanyak 61 santri Madrasah Aliyah (MI).

Para santri setara tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) itu akan melanjutkan studi atau bekerja, setelah dibekali pendidikan pesantren modern, salafi dan kurikulum nasional.

Pimpinan Ponpes Hafis Gunawan SPd didampingi istri mengatakan, para lulusan yang dididik di Ponpes Miftahul Khaer selama nyantri di asrama. Selain memiliki ijazah ganda atau komplet karena dikeluarkan Ponpes sendiri dan Negara.

Disamping dididik pendidikan umum, terlebih dibekali pendidikan agama Islam seperti Alquran dan Hadis, Tafsir, dan kitab-kitab Riyadhus Shalihin.

Hadir dalam kesempatan wisuda Ketua Yayasan Miftahul Khaer, Kepala MA, Kepala SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), Kepala MTs (Madrasah Tsanawiyah), dewan guru, unsur pemerintah, TNI, DPRD, para tamu undangan dan orangtua para santri.



Prosesi wisuda diawali pembacaan kitab suci Alquran, pengalungan selempang Ponpes dan pemberian ijazah Ponpes untuk masing-masing santri yang lulus serta diakhiri dengan pembacaan doa oleh Ketua Yayasan Miftahul Khaer.

Ditandai pula pembacaan sambutan Kepala MA, termasuk oleh santri dalam 3 bahasa, paduan suara dan hiburan marhaenis dari para santri Miftahul Khaer.

Dalam kesan dan pesan seorang siswi santri yang lulus, meminta adik kelasnya agar yang masih nyantri agar rajin belajar dan lebih baik.

Sedangkan, H Adung salah satu guru menyampaikan agar lulusan MA Miftahul Khaerul tetap menjaga tradisi pesantren.

Misalnya, setelah di luar pesantren tetap menggunakan peci bagi pria dan berkerudung bagi wanita. Termasuk selalu menghormati guru. (ed)

Para Wisudawan-wisudawati Santri  Madrasah Aliyah  Ponpes Miftahul Khaer

Para Wisudawan-wisudawati Santri Madrasah Aliyah Ponpes Miftahul Khaer

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply