Reses DPR Muhammad Rizal Kunjungi Serpong Utara: Pertahankan Insentif Guru TPQ



Reses DPR Muhammad Rizal Kunjungi Serpong Utara: Pertahankan Insentif Guru TPQ

KOTA TANGERANG SELATAN, Bantenlink.com — Anggota DPR dari PAN, H Muhammad Rizal SH MSi, mengunjungi para pendidik Persatuan Guru Taman Pendidikan Alquran Indonesia di TPQ Ar Raudhoh, Kelurahan Pakualam, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Kamis (29/4/2021). Pada kesempatan itu salah seorang guru meminta agar insentif guru TPQ dipertahankan.

Kehadiran wakil rakyat dari Komisi 8 yang membidangi keagamaan, sosial, kebencanaan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak itu pada menjelang berbuka puasa Ramadan itu disambut para pengurus dan pendidik PGTPQ, antara lain Andi, Surojudin dan Yayah.

Dalam sambutannya Muhammad Rizal memperkenalkan dirinya sebagai Anggota DPR dari PAN, yang ikut Pileg 2019 dan baru bertugas menggantikan Ali Taher yang meninggal Dunia serta baru dilantik pada 9 April 2021. Maksud kedatangannya sendiri adalah dalam rangka melakukan Reses di Kota Tangerang Selatan.

Muhammad Rizal menyebutkan, pendidikan TPQ berjuang untuk anak-anak Indonesia dan sangat bermanfaat dalam membentengi generasi bangsa sehingga berakhlak mulia. Apalagi menanamkan nilai-nilai keislaman, sehingga kedepannya tidak ugal-ugalan, namun menghormati orang tua, guru dan membela bangsa.

Namun diakuinya, banyak guru TPQ yang mengajar anak usia dini dan bekerja di hampir setiap lingkungan bekerja dengan ikhlas meskipun mendapat imbalan tidak seberapa bahkan bergaji hanya Rp 50 dari sisa biaya operasional.

Muhammad Rizal mengingatkan bahwa mengajar TPQ mendapatkan pahala karena mengajarkan kebaikan. Sedangkan masalah rezeki, lanjutnya, selalu ada dari mana-mana dan insyaAllah ada imbalan dari Allah SWT.

Kepada para pendidik TPQ yang elahirkan para pemimpin dimasa datang ini, dirinya berjanji akan memperjuangkan aspirasi. Salah satunya adalah insentif dari pemerintah dan bantuan-bantuan lainnya.

Dalam sesi saran dan tanya jawab, Yayah dari Forum TPQ mengungkapkan dirinya dan teman-teman merasa senang dapat bertemu dengan Anggota DPR Muhammad Rizal. Para guru TPQ di Kelurahan Pakualam Kecamatan Serpong Utara siap mempertahankan TPQ karena merupakan pendidikan yang bersifat keagamaan. Dalam aspirasinya meminta agar insentif guru TPQ dipertahankan. Terkait anak-anak tidak semua bisa masuk sekolah formal sehingga TPQ menampungnya. Selain itu dimintanya agar ada kepedulian para hafidz dan hafidzoh yang tahfiz dan tentang sejarah kerasulan mendapatkan prestasi luar negeri. Atas perhatian tersebut perlu pemerintah memberikan perhatian. Untuk yang lain saja bisa viral seharusnya juga kita semua memiralkannya.

Senada, Yuna dari TPQ Al Hikmah bersyukur dan berharap barokah bisa bertemu dengan Anggita DPR meminta Muhammad Rizal dalam tupoksinya bisa menindaklanjuti rehab lembaga, termasuk atap gedung sekolah miliknya yang atapnya memperihatinkan. Yuna juga meminta agar Muhammad Rizal dapat berperan serta dalam santunan anak yatim yang dilaksanakannya pada setiap bulan Ramadan.

Menanggapi saran dan tanya jawab, Muhammad Rizal akan mendorong dan memperjuangkan usulan. Termasuk dalam waktu dekat akan berkunjung ke Kemenag Tangsel. Katanya, dari sisi anggaran merupakan kewajibanbaginya untuk memperjuangkan insentif dan BOP. Namun dimintanya agar TPQ yang belum terdaftar mendaftarkan diri ke Kemenag dan membuat surat-surat lainnya. Sebab dengan itulah ada dasar untuk Kemenag mengeluarkan anggaran ke lembaga.

Tapi dirinya percaya, jika pendidik TPQ bekerja dengan ikhlas, insyaAllah akan ada saja rezeki yang datangnya dari mana saja. Terkait hafidz anak-anak yang berprestasi di luarnegeri tapi seperti kurang mendapat perhatian di negeri sendiri, Muhammad Rizal mengaku juga sudah menontonnya di Youtube. Dia berjanji, pada sidang terkait prestasi nanti akan membicarakannya pada rapat anggota DPR.

EDY

Leave a Reply