Reses DPR, Muhammad Rizal akan Tindak Lanjut Berbagai “Masukan” Dapil Banten 3



Reses DPR, Muhammad Rizal akan Tindak Lanjut Berbagai “Masukan” Dapil Banten 3


TANGERANG, Bantenlink.com — Pasca duduk sebagai Anggota DPR, H. Muhammad Rizal, S.H., M.Si., berterima kasih kepada masyarakat yang memilihnya pada Pileg 2019. Maka setelah dilantik menggantikan Ali Taher yang wafat karena sakit, dirinya mengagendakan Reses dan langsung melakukan safari ke sekitar 20 kantong suaranya di Dapil 3 Banten.

Seperti mendatangi kontituen di Balai Warga RW 15, Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu (24/4/2021). Pada Reses tersebut dirinya berjanji akan menindaklanjuti semua usulan dan masukan yang menjadi tupoksinya untuk ditindaklanjuti.

Dalam kunjungan keenam yang dilakukan Muhammad Rizal bersama rombongan, hadir sekitar 50 warga masyarakat, yakni Ketua RW 15 Sudar, TP PKK Susi, para Ketua RT, Kader Posyandu dan Lurah Binong, Juhri Saputra, S.Pd., M.Si., yang menjadi undangan RW 15.

“Dalam kesempatan ini saya tanyakan dulu adakah Anggota DPR yang sudah datang kesini? Warga yang hadir serempak menjawabnya belum ada. Saya pun mengenalkan diri sebagai Dewan yang baru, sebagai PAW, Pengganti Dewan sebelumnya,” ujar Muhammad Rizal kepada wartawan seusai acara.

Dikatakannya, Dapil Banten 3 mencakup wilayah “Tangerang Raya” yang terdiri dari 49 kecamatan. Hal inilah yang mengharuskan dirinya mengagendakan kunjungan ke tempat-tempat warga yang telah bekontribusi mendoakan dirinya atas kehendak Allah menjadi Anggota DPR.

“Saat Pileg kemarin saya meraih suara terbanyak nomor 2, namun tak masuk di DPR lantaran ada yang di atas saya bapak Ali Taher. Sedangkan PAN hanya mendapatkan 1 kursi. Dulu saya kira saya akan jadi Dewan setelah beliau diangkat Menteri. Namun saya menjadi penggantinya, karena ketentuan Allah memanggil orang yang dicintai-Nya,” imbuh pensiunan ASN yang pernah mengabdi di Sekretariat DPR ini.

Lanjut Muhammad Rizal, dari elemen tokoh masyarakat banyak usulan dan masukan yang didapatnya melalui Reses, antara lain para perwakilan warga tersebut meminta dilakukan perluasan tanah makam karena semakin padat, prioritas mengatasi masalah banjir dan perbaikan jalan rusak, pengurusan surat masjid yang menggunakan fasum, pengadaan SMA Negeri yang dibiayai pemerintah, pembangunan gedung balai warga, bantuan dan pendampingan UMKM salah satunya untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi untuk ketahanan pangan, percepatan vaksinasi dalam pencegahan Covid-19, hingga honor Kader Posyandu yang belum turun, ” papar Muhammad Rizal lagi.

Kedatangan Lurah Binong, Juhri, yang diundang Ketua RW 15, Sudar, untuk hadir di luar jam tugasnya pada sehabis Tarawih di jam 21.00-23.00 WIB, kata Muhammad Rizal, dapat menambah penjelasan tentang berbagai hal terkait usulan dan realisasi pembangunan. Ini pun menambah wawasan bersama juga menjadi ajang diskusi.

Usulan dan masukan yang disampaikan menjadi catatan bagi Muhammad Rizal. Meskipun tupoksinya di Komisi 8 yang bertugas di bidang sosial, keagamaan, kebencanaan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, dengan bidang kemeterian terkait, tapi kewajiban baginya untuk mendengarkan dan mencarikan solusi.

“Meskipun saya menangani yang sifatnya nasional, tapi saya harap semua usulan agar disampaikan saja, karena tanpa ada usulan tak akan mungkin timbul anggaran. Mungkin saja solusi yang disampaikan dapat diatasi dengan gotong royong, disampaikan melalui Musrenbang untuk kegiatan Kabupaten hingga Provinsi.

Kalau tingkat Nasional, meskipun bukan tupoksi Komisi 8, saya bisa mendorong ke teman di Komisi bersangkutan. Terkait usulan untuk anggraan dan perealisasian di Tingkat Kabupaten dan Provinsi, Insya Allah saya akan mendorongnya melalui rekan partai yang bertugas di DPRD dan lainnya,” tandas anggota legislatif pusat yang merakyat ini.

EDY

Leave a Reply