Panen Raya Jagung, di lahan Tidur Mengadu Untung

Panen jagung di Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten

Panen jagung di Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten

TANGERANG | BantenLink – Menggarap lahan tidur merupakan peluang petani dalam berusaha di wilayah perkotaan. Seperti sebuah kelompok tani Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, yang berdekatan dengan BSD City.

Sebutlah Haerudin dan teman-temannya, selama 3 bulan telah menggarap lahan sebuah pengembang seluas 3 hektar. Pekerjaan sebagai petani difasilitasi BPP (Badan Penyuluhan Pertanian) wilayah Cisauk, dengan menanami jagung jenis Hibrida Sigenta 212.



Menurut Penyuluh BPP, Ridwan, usaha kelompok tani Haerudin bermodalkan swadaya dan kerjasama. Kelompok membeli bibit sebanyak 45 kilo untuk ditanam di lahan seluas 3 hektar. Untuk fasilitasi merupakan kerjasama dengan Koramil dan dibantu fasilitator Mahpudin dari BPP tersebut.

Meski pertanian jagung saat ini dengan kerjasama berbagai pihak, sebenarnya hasil pertanian jagung menggiurkan petani karena menjadi pakan ternak, dijual kiloan, pipilan dan dijadikan emping jagung.

“BPP Cisauk sendiri memfasilitasi pertanian jagung sejak 2009, baik di lahan milik masyarakat maupun menggarap di tanah PT. Hasil panennya sangat menjanjikan, karena harga jual cukup tinggi.

Bongkol untuk pakan ternak dijual ke peternakan perkilo Rp 2000 dan pipilan Rp 3500. Sedang jika sudah menjadi emping harga per kilo mencapai Rp 30 ribu,” papar Riswan pada bantenlink.com, Selasa (19/4/2016).

Dia menjelaskan, BPP Cisauk mendata sebanyak 28 lahan pertanian dan lahan tidur milik masyarakat dan PT yang seharusnya tergarap baik. Setidaknya bisa dijadikan pertanian jagung Hibrida Sigenta 212 dan jenis jagung manis untuk mengatrol perekonomian masyarakat.

“Soal berapa jelasnya margin keuntungan bertani jagung, kami harus mengubin hasil dulu, yakni dihitung jumlah produksi untuk 5×5 meter hasil produksi. Nanti dikonversi dengan luas lahan. Jadi, keuntungannya yakni hasil penjualan dikurangi biaya produksi,” tandasnya. (edy)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply