Wow, Pelaksanaan Ujian Akhir SD di Kab Tangerang Ada yang Daring Ada yang Luring



Foto berita: Wow, Pelaksanaan Ujian SD di Kab Tangerang Ada yang Daring Ada yang Luring

KAB TANGERANG, Bantenlink.com — Ujian Sekolah (US) secara online (dalam jaringan/daring) untuk kelas 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dilaksanakan di Kabupaten Tangerang, Senin (19/4/2021). Namun sebagian SDN sudah melaksanakan ujiian akhir sekolah secara tatap muka (diluar jaringan/luring) atau offline setelah mendapatkan izin dari Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan.

Kepala SDN Talagasari Cikupa, Embad, menyebutkan di Kecamatan Cikupa dilaksanakan sebanyak 98 peserta didik kelas 6 dibagi dalam 10 kelompok mengerjakan US di rumah. Berkas ujian dan blanko lembar jawaban dibawa petugas untuk dibagikan kepada siswa masing-masing kelompok.

“Kami menggunakan Watchapp Group untuk memantau siswa yang juga menghidupkan Watchapp Group ketika mengerjakan soal di lembar jawaban yang ada. Jadi guru mengawasi aktivitas siswa tertayang melalui kamera handphone sedang mengerjakan ujian,” ujar Mbad Badrudin.

Terkait hambatan yang dihadapi, disebutnya tidak ada. Menurut Badrudin masing-masing siswa menggunakan handphone sebagai perangkat utama pada ujian akhir sekolah berbasis jaringan yang dipantau langsung oleh para pengawas ujian yang memantau melalui laptop.

Foto berita: Wow, Pelaksanaan Ujian SD di Kab Tangerang Ada yang Daring Ada yang Luring

“Para siswa dibekali kuota memadai, kegiatan US di hari ini berjalan lancar meskipun terkadang sinyal internet lelet dan batere handphone yang dipakai anak didik low-batt. Kami selalu mengingatkan dicas sebelum mati agar kegiatan siswa dapat terus terpantau,” Badrudin.

Di sekolah lainnya, hal serupa disampaikan Didi yang menjadi guru sekaligus pengawas di SDN Cikupa 4. Di sekolah ini bahkan memberikan kelonggaran agar yang tidak punya handphone tetap dapat mengikuti. Caranya, peserta ujian tersebut boleh bergabung bersama teman satu kelompok dalam satu jaringan dan satu handphone.

“Peserta ujian mata pelajaran Pendidikan Agama-Budi Pekerti dan ujian Bahasa Indonesia yang dilaksanakan hari ini semuanya hadir berjalan lancar. Kami memajukan waktu sejam yang seharusnya dimulai jam 08.00 WIB menjadi jam 07.00 WIB. Kami lebih dulu mengecek kesiapan siswa, berkas ujian, kondisi handphone termasuk jaringan internet,” terang Didi yang mengomandoi pemantauan melalui laptop pengawas maupun proyektor infokus di SDN Cikupa 4.

Sementara itu, selain SDN yang melaksanakan US secara daring ada pula yang menyelenggarakan secara luring (diluar jaringan) atau offline. Seperti yang dilaksanakan di SDN Cukanggalih 3 Kecamatan Curug.

Pasalnya, Dinas Pendidikan setempat meyilakan pelaksanaan US secara luring asalkan sekolah siap dalam Prokes Covid dan menjalankan 3 M, serta mendapatkan izin dari Gugus Covid. Camat Curug sendiri telah meninjau kesiapan tersebut di salah satu SDN di wilayahnya.

“Penyelenggaraan US secara tatap muka di SDN Cukanggalih 3 dapat dilaksanakan setelah Camat Curug, Pak Supriyadi, selaku Ketua Gugus Covid-19 meninjau kelayakan diadakan ujian tatap muka. Asal dengan mengacu kepada kesiapan sekolah melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) dan 3 M ( mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menggunakan masker dan menjaga jarak),” tandas Kepala Sekolah SDN Cukanggalih 3, Indah.

EDY TANJUNG

Leave a Reply