Kiai Ponpes Miftahul Khaer: Lulusan Pesantren Kami Tak Ada yang Menganggur

Jpeg

Jpeg

TANGERANG | BantenLink – Ribuan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Khaer Kampung Babakan, Sukabakti, Curug, Tangerang, Banten, pantang menganggur seusai menyantri.

Kiai Hafiz Gunawan sebagai pengasuh Ponpes itu mengatakan, santrinya yang telah lulus kalau tidak melanjutkan kuliah, biasanya langsung bekerja.

“Tidak ada lulusan kami mengganggur. Bahkan banyak yang mengabdi di Ponpes lagi sesuai ilmu pengetahuannya yang menonjol,” ungkap Hafiz pada BantenLink, Senin (17/4/2016).

Keunggulan studi di Ponpes Miftahul Khaer, lanjut Kiai Hafiz, untuk kelulusan harus menempuh Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Akhir Semester.



“Semua Santri bisa lulus, terkait adanya prerogatif sekolah dalam hal kelulusan. Terpenting selama studi telah dibekali ilmu pengetahuan umum dan agama yang berlandaskan akhlakulkarimah dan ahlussunnahwaljamaah,” imbuhnya.

Kiai aktif berziarah dan silaturahmi dengan sesama ulama ini menjelaskan, pesantren pimpinannya melayani pendidikan mulai Raudlatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Di tingkat perguruan tinggi memiliki STKIP dan STIT.

“Keunggulan Ponpes, santri mengisi waktu belajar dan melaksanakan ibadah yang padat.Tapi soal pencapaian prestasi gak perlu diragukan,” lanjutnya.

Ribuan santri, lanjutnya, tinggal di pemondokan. Pada pagi jam 07.00 hingga 13.00 Wib siang melaksanakan pendidikan formal.

Sementara, jam 14.00 Wib belajar non formal hingga sore. Selanjutnya beribadah sebelum waktu tidur dan bangun sebelum shalat Subuh.

“Pendidikan Ponpes, selama 6 tahun mulai MTs hingga MA Ada 2 ijazah yang dikeluarkan, yakni jazah pemerintah Ponpes. Pada wisuda santri terbaik kami kalungkan sorban,” tandas tokoh muda NU dan thariqah di wilayah Tangerang itu. (ed)

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply