Kedepankan Sistem Partisipatoris, Saleh Asnawi: NASDEM Tangsel Bergerak Hingga ke RT



Ketua DPW Partai Nasdem Banten, Ketua DPD Partai Nasdem Tangsel beserta para Pengurus dan Kader


TANGSEL, Bantenlink.com — Partai Nasdem bergerak dengan sistem partisipatoris dan digerakkan hingga ke lingkungan RT. Demikian terungkap pada Rakerda Partai Nasdem Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang dilaksanakan pada Kamis, (8/4/2021).

Ketua DPD Partai Nasdem Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Drs. Moh Saleh Asnawi MA MH mengatakan dengan sistem parsitipatoris yang digerakkan hingga ke lingkungan RW dan RT ini Partai Nasdem Kota Tangsel akan mendapatkan suara signifikan. Pasalnya, sebelumnya di Tangsel, atas pengalaman akan kurang merawat partisipasi tersebut meskipun punya sebanyak 34 ribu suara namun tidak mendapatkan suara, sedangkan partai lain 20 ribu mendapatkan kursi.

“Saat ini dari beberapa kali rapat konsolidasi kita terus meningkatkan tingkat partisipasi hingga ke lingkungan RT dan RW. Kita telah melaksanakan hal ini sesuai yang diintruksikan DPW, berangkat mulai dari lingkungan RT dan RW merupakan acuan dan pijakan. Langkah-langkah kita tingkatkan melalui Rakerda ini,” ucap Moh Saleh Asnawi.

Lebih jauh disebutnya, Rakerda terbentuk setelah semua ranting terbentuk dan berasal dari warga yang aktif di RT dan RW. Dan dibuat Rakerda sebagai tindak lanjut Rakornas dan Rakowil untuk Persiapan 2024, melibatkan warga terdepan sudah menjadi pikiran, sehingga Nasdem di Pemilu pasti menang.

“Sekarang kita segera akan mulai menentukan siapa saja yang akan menjadi Caleg sesuai sosialisasi diimplementasikan dengan uji coba Caleg, agar berjalan sesuai prediksi. Jadi rekrutmen di Nasdem Tangsel tidak sembarangan, sudah paham tujuannya hanya untuk social oriented,” sambung tokoh Tangsel ini.

Hal yang sama disampaikan Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Banten, H Edi Ariadi. Ia menyebutkan, meskipun mengevaluasi suara Nasdem di Tangsel, dan di wilayah lain semua berkurang masing masing satu kursi, dia yakin semua Dapil akan terisi minimal satu kursi dengan upaya melakukan sistem parsitipatoris dengan adanya popularitas hingga ke lingkungan RT dan RW.

“Dari hasil Rakerda ini kedepannya kita akan dapat memperoleh simpati dan memberikan empati hingga tingkat RT dan RW, sehingga setiap warga mencintai Partai Nasdem. Mulai hari ini kita tingkatkan konsolidasi dan mengevaluasi struktur dan infrastruktur. Setelah Rakerda ini akan dilanjutkan penguatan di Rapim dengan para Anggota DPRD. Sekarang kita harus semangat sehingga nanti ada lagi kursinya di DPRD Kota Tangsel. Kita lakukan evaluasi agar dapat meraih yang lebih baik,” papar Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Banten H Edi Ariadi.

Sementara, Pengurus DPP Partai Nasdem, Effendy Choirie, yang juga selaku Ketua Pemenangan Partai Nasdem Wilayah Jawa I mengapresiasi tekat Partai Nasdem Kota Tangsel. Dipesankannya, agar seluruh pengurus dan kader agar bergerak sistematis, terstruktur dan masif. Juga agar metode Partai Nasdem bergerak tidak menunggu datang dari atas, sehingga masa depan Nasdem semakin membaik.

“Sistem partisipatoris disampaikan pada materi sangat baik, yang juga telah disampaikan pada Rakerwil, Rakerda/Rakercab yang juga menekankan turba (turun ke bawah). Di Kecamatan diikuti calon-calon ranting yang bekerja secara sistematis terstruktur dan masif hingga ke lingkungan RT dan RW. Dengan adanya spanduk dimana-mana, seterusnya dilakukan penilaian dengan ilmu atau survei,” ucap Gus Choi.

Lebih jauh disebutnya, pengurus dan Partai Nasdem diharapkan aktif di legislatif serta berperanan di eksekutif. Kehadiran Partai Nasdem tersebut adalah berangkat dari keinginan restorasi yang dimulai daru masyarakat yang ada di RT dan RW.

Ditambahkannya, secara struktur Partai Nasdem harus ada perwakilan. Harus ada bendera berkibar. Rakyat berada pada front terdepan, sudah dikenal. Nasdem sebagai partai restorasi yang tidak berdasar pada agama dan primordial.

“Bukan berasal dari Alwasliyah, Mathlaul Anwar, tidak mengunakan NU, Muhammadiyah, tapi menggunakan Ulul Absor, Ulul Albab yang menggunakan gagasan akal dan fikiran. Untuk itu dalam rangka pemenangan perlu fokus dalam meningkatkan popularitas Nasdem sampai ke akar, bendera di lingkungan RW harus berkibar,” sambung politisi Nasional ini.

Selain itu, perlu elektabilitas atau keterpilihan dan harus ada program nyata. Prinsipnya, jangan pelit, seseorang yang diberi akan ada balas jasanya. Agar dicintai pengurus dan kader harus memberi. Program harus untuk kepentingan rakyat. Dengan elektabiilitas partai Nasdem akan dipilih dan menang, tandasnya

EDY

Kedepankan Sistem Partisipatoris, Saleh Asnawi: NASDEM Tangsel Bergerak Hingga ke RT

Leave a Reply