Hujan Iringi Kemarau Setahun Terakhir Berdampak Positip bagi Pertanian



Salah satu areal pertanian di Kampung Tarisi, Desa Panongan, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang. Foto diambil Jumat (19/3/2021), siang.

TANGERANG, Bantenlink.com — Curah hujan mengiringi musim kemarau yang selalu ada sepanjang tahun 2020 hingga triwulan 2021 berdampak kepada musim tanam padi yang terus-menerus dilakukan dan berdampak positip kepada ekonomi dari sektor pertanian.

Salah satunya di persawahan Kampung Tarisi, Desa Panongan, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang. Meskipun merupakan sawah tadah hujan, tampaknya selalu dilakukan penanaman padi lantaran tersedianya air sepanjang tahun.

Namun tak dapat dipungkiri, selain tetsedianya air musim tanam dapat selalu dilakukan juga karena persediaan bibit padi dan dapat mengatasi hama dan pertanian dilakukan oleh petani yang mumpuni.

Meskipun di beberapa tempat terjadi barter hasil padi namun pertanian yang selalu dapat dilakukan merupakan harapan baru di masa sulitnya perekonomian dari sektor lain akibat dampak pandemik Covid-19 sejak setahun terakhir.

ED

Leave a Reply