Rombongan Kemenag Kabupaten Pasaman Sumbar Kunjungi Replika Ka’bah di Tangsel



Rombongan Kemenag Kabupaten Pasaman Sumbar Kunjungi Replika Ka’bah di Tangsel

SETU (Kemenag Tangsel) – Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, mendampingi rombongan Kemenag Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat dalam rangka mengunjungi Reflika Ka’bah yang terletak di Lubana Sengkol, Setu Tangsel.

Rombongan berjumlah 15 orang ini terdiri dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman, Dedi Wandra, Kasi Bimas, Kasi haji, dan para Kepala KUA se-Kabupaten Pasaman.

Informasi adanya Replika Ka’bah di Lubana Sengkol Setu Tangsel yang pernah direlease Humas Kemenag Tangsel di berbagai media sosial mendapatkan banyak respon dari berbagai daerah, termasuk dari Kemenag di Sumatera Barat.

Replika Ka’bah ini bisa dijadikan destinasi wisata religi yang membuat pengunjungnya berasa berhaji atau umrah. Lokasi itu berisi lengkap replika tempat haji termasuk Mas’a (tempat Sa’i), Jamarat, hingga Padang Arafah.

Selain itu juga tersedia Al-Sinema atau Teater mini yang digunakan untuk memutar film manasik dan film-film sejarah Islam.

Luas total lokasi tersebut yaitu 2,5 hektar. Replika yang disuguhkan bahkan mulai dari replika Masjidil Haram, Ka’bah, Tempat Sa’i, Jamarat, Padang Arafah, dan lainnya.

Dalam pembangunan replikanya, bangunan dan suasana dibuat semirip mungkin termasuk hawa panas dengan mengurangi pepohonan seperti di sekitar replika Ka’bah atau padang Arafah. Pengelola juga menyiapkan muthowif sehingga pengunjung bisa tahu urutan umroh atau haji.

Untuk dapat memasuki replika Ka’bah ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 60.000/orang. Pihak pengelola juga menyediakan accessories haji berupa kain ihram dan lainnya. (#af_m)

Sumber berita dan foto: Facebook

Leave a Reply