Takut Kena Leptosirosis, Puskesmas Semanan Ingatkan 70 Petugas Kebersihan

Jpeg

Jpeg

Jakarta | BantenLink — Bertempat di Aula Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (6/4/2016), sekira pukul 15.00-16.00 Wib, etugas Puskesmas Semanan mengadakan sosialisasi mengenai penyakit Leptisirosis (kencing tikus) terhadap petugas kebersihan.

Kelly Supriyono SE selaku Lurah Semanan mengatakan, sosialisasi penyakit dan pencegahan Leptisirosis baru pertama dilakukan. Sekitar 70 petugas kebersihan di wilayahnya mendapat penyuluhan singkat tentang penyakit berbahaya itu.



“Petugas kebersihan riskan terkena penyakit ini karena keseharian mereka membersihkan sampah dan got, sehingga perlu diingatkan. Tapi masyarakat lainnya pun juga bisa terjangkit leptosirosis, terutama jika tidak menjaga kebersihan lingkungan dan makanan,” ucap Kelli pada BantenLink.com.

Sementara, seorang petugas Puskesmas Semanan, dr Dewi, menyebutkan penyakit Leptosirosis ditularkan melalui kencing tikus. Bisa saja menempel di atas kaleng minuman yang tidak dibersihkan dan kelamaan dalam gudang.

Selain itu, jika musim banjir leptosirosis cepat mewabah karena tercemar bakteri kencing tikus. Ini membuat orang yang tak punya daya tahan akan sakit. Karenanya untuk menangkal harus dibiasakan hidup sehat.

“Yang terjangkit leptisirosis akan merasakan demam panas dingin, dan harus segera dibawa ke rumah sakit. Sejauh ini di Kelurahan Semanan belum ada yang suspect, namun di Kelurahan Semanan Timur ada terkena 1 orang,” ungkapnya.

Untuk itu lanjutnya, Puskesmas Semanan menyosialisasikan tentang penyakit Leptosirosis dan cara pencegahannya. “Setelah sosialisasi pada petugas kebersihan, nanti kami penyuluhan ke RT/RW. Yang kami sampaikan adalah pola hidup harus selalu bersih,” imbuhnya. (titing/ed)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply