Miftahuddin PKS: Derasnya Dukungan Listyo Sigit Jadi Kapolri Sebagai Hasil Kesepakatan



Ir. H. Miftahuddin, M.T.


Ir. H. Miftahuddin, M.T. bersama rekan jurnalis

TANGERANG, Bantenlink.com Anggota DPRD Provinsi Banten dari Partai Keadilan Sejahtera, Ir H Miftahuddin MT, menilai derasnya dukungan menjadikan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri merupakan hasil dari kesepakatan. Yakni, dari kesepakatan legislasi berbentuk Undang Undang dihasilkan DPR yang ada plus minusnya.

Meski terkesan agak mengkritisi, politisi PKS di DPRD Tingkat I ini menyadari tentang adanya plus minusnya UU tentang Kepolisian dalam hal pengangkatan Kapolri, tersebut dirinya berharap mudah-mudahan kekhawatiran tersebut tidak ada.

Sebagaimana diketahui, Ketua DPR RI Puan Maharani per Rabu 13 Januari 2021 secara resmi menerima Surat Presiden bernomor R-02/Pres/01/2021 terkait Listyo Sigit sebagai Calon Tunggal Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz yang akan pensiun.

Disebutkannya, dengan mengacu Kepres 98/Polri/2019 mulai tanggal 1 April 1999 Presiden memiliki Kewenangan Penuh dan Hak Prerogatif untuk mengangkat dan memberhentikan Kapolri, yang otomatis bertanggung bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Dan dalam mengajukan calon Kapolri untuk disetujui DPR, juga memperhatikan masukan dari Kompolnas. DPR pun melakukan fit dan propert test. Namun, jika selama dua puluh hari DPR tidak memberikan jawaban, maka secara otomatis dianggap DPR menyetujuinya.

“Inilah yang disebut bahwa sistem berdasarkan kesepakatan. Agar tidak ada kekhawatiran akan opini publik, peraturan UU No 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian menyebutkan Kapolri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden seharusnya diperbaiki,” jelas Miftahuddin saat disambangi di kediamannya, Sabtu, (16/1/2021).

Ada pun memilih pak Listyo, asal pak Jokowi yakin tidak menjadi beban Di Banten sendiri apalagi Banten fanatisme. Selama menjadi Kapolda Banten Listyo yang semula sempat ditolak, tapi tetap dilantik sebagai Kapolda.

“Dan sewaktu menjadi Kapolda Banten, berhasil mengamankan Pilgub dan Pilkada serentak. Reputasi bagus yang ditorehkannya, sering berkunjung ke ulama dan selama menjabat kondisi Kamtibmas sangat kondusif,” papar Miftahuddin.

Terkait Listyo Sigit akan diangkat Presiden menjadi Kapolri karena banyak Selama menjadi Kapolda Banten Perwira lulusan Akademi Kepolisian 1991 kelahiran 5 Mei 1969 yang semula sempat ditolak, tapi tetap dilantik sebagai Kapolda dan kinerja yang mendapat apresiasi dari berbagai kalangan tokoh agama, pemerintah dan masyarakat pun diperolehnya.

Karir Cemerlang Sang Calon Kapolri

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo setelah menjadi Kapolri nantinya akan langsung mendapatkan Kenaikan pangkat menjadi bintang 4 berdasarkan tentang Golongan Perwira Tinggi. Jejak karirnya menuju Kapolri, sebelum menjadi Kapolda Banten menjadi Kapolres Surakarta/Solo, Direskrimum Polda Sulteng, Kapolda Banten, Kadiv Propam Mabes Polri hingga Kabareskrim Polri.

Selama menjadi Kabareskrim Polri kasus besar pun dengan sigap ditanganinya. Diantaranya mengungkap kasus penganiayaan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan dan menjadikan Brigjen Prasetyo Utomo menjadi tersangka dalam kasus Djoko Tjandra.

EDY TANJUNG

Tags:

Leave a Reply