2021 Ansor Kab Tangerang Rekrut Kader Militan Paham Keagamaan dan Kebangsaan



 

Foto untuk berita: 2021 Ansor Kab Tangerang Rekrut Kader Militan yang Paham Keagamaan dan KebangsaanKAB TANGERANG, Bantenlink.com — Pada tahun 2021 Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tangerang akan merekrut kader-kader baru. Anggota baru GP Ansor tersebut akan dididik menjadi kader militan yang paham tentang keagamaan dan kebangsaan.

Demikian terungkap saat kegiatan Rapat Pleno PC GP Ansor dalam menetapkan Jadwal Kaderisasi yang dilaksanakan di sebuah rumah makan di  Kecamatan Sukadiri pada hari Jumat 18 Desember 2020. Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Pengurus Harian, Satkorcab Banser dan MDS Rijalul Ansor Kabupaten Tangerang.

Ketua PC GP Ansor Kab Tangerang, H. Muhidin A. Kodir, menjelaskan Pleno dilaksanakan untuk menetapkan jadwal kegiatan kaderisasi oleh pimpinan anak cabang pada tahun 2021 mendatang.

“Ya, kegiatan Peno dilaksanakan untuk menetapkan jadwal kegiatan kaderisasi oleh Pimpinan Anak Cabang pada tahun 2021. Untuk rencana itu seluruh PAC pun sudah siap melaksanakan Diklat, dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan,” terangnya.

Ditambahkannya, selaku pimpinan cabang Ansor, dengan melakukan sinkronisasi waktu pelaksanaan dan memastikan kesiapan SDM pelatih dan instrukturnya, dirinya memastikan Diklat dapat berjalan lancar di setiap kecamatan.

“Kami berharap, Diklat terlaksana sesuai target yakni mencetak kader militan yang cerdas memahami dinamika keagamaan dan kebangsaan, peduli sosial dan memiliki komitmen kebangsaan yang kuat serta berakhlak mulia,” papar Muhidin.

Materi Diklat

Namun, dijelaskannya, terkait metode Diklat PC GP Ansor Kab Tangerang menyerahkan pada kebutuhan masing-masing wilayah.

“Jika kebutuhanya penambahan kader Ansor dan Banser maka metode Diklat yang dilaksanakan adalah Diklatsar atau Diklat terpadu dasar (DTD). Jika kebutuhannya menambah personil Ansor maka jenis kaderisasi yang dipilih adalah Pelatihan Kader Dasar (PKD).

Tapi jika kebutuhannya mencetak kader Majlis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor, pilihan Diklat adalah Dirosah Ula,” bebernya lagi.

Diklat ini, sambungnya penting dilaksanakan oleh seluruh PAC sebagai tolak ukur keberhasilan organisasi melakukan regenerasi kepemimpinan. Apalagi GP Ansor sebagai organisasi kader, maka melaksanakan Diklat menjadi wajib.

Diketahui, pada tahun 2018-2020 PC GP Ansor Kabupaten Tangerang, telah 29 kali melakukan kaderisasi dengan jumlah personil 5.570 dan jika diakumulasi dengan hasil diklat periode sebelumnya terdapat 10.253 personil kader yang terdiri dari Ansor Banser dan MDS Rijalul Ansor.

“Melalui kaderisasi tahun 2021, kami berharap dapat merekrut minimal 10.000 pemuda muslim khususnya Jam’iyyah Nahdlatul ulama yang ada di kabupaten Tangerang untuk menjadi kader Ansor Banser dan MDS Rijalul Ansor,” tandas Muhidin.

EDY

Leave a Reply