Uniknya Rasa Asam dan Pedas Garang Asem Ceker, Begini Cara Memasaknya | Kuliner Bantenlink



Foto untuk artikel: Uniknya Rasa Asam dan Pedas Garang Asem Ceker, Begini Cara Memasaknya | Kuliner Bantenlink. Sumber: Net

Jakarta, Bantenlink.com — Masakan Garang Asem merupakan kuliner tradisional Jawa Tengah. Sebagai olahan ayam yang dimasak menggunakan daun pisang dan didominasi oleh rasa asam dan pedas dengan cita rasa unik ini sudah menyebar ke berbagai daerah.

Selain berbahan daging ayam santapan garang asem pendamping nasi ini dengan berbagai variasi dan ada juga terbuat dari ceker ayam berbumbu rempah-rempah dengan cita rasa sesuai namanya yakni pedas dan asam yang membangkitkan selera makan.

Garang asem menjadi masakan tradisional Grobogan, Semarang, Demak, Kudus, Pati dan Pekalongan. Jika di Grobogan dan Demak dibungkus dengan daun pisang, di Pekalongan langsung disajikan di atas piring. Tak kalah populer di masyarakat adalah garang asem dengan variasi lain, garang asem ceker.

Berikut ini adalah cara membuat garang asem ceker:

Pertama-tama siapkan aebanyak 500 gram ceker ayam yang telah dibersihkan. Kemudian berikan perasan air jeruk nipis. Pengolahannya dengan 8 buah belimbing wuluh yang dipotong-potong. 2 buah tomat merah atau hijau juga dipotong-potong. Cabe rawit merah sesuai selera.

Sebatang daun bawang diiris-iris. 2 lembar daun salam. 1 batang sereh yang dimemarkan. 4 lembar daun jeruk disobek-sobek. Sediakan garam, kaldu jamur, merica bubuk dan sedikit gula pasir serta beri air secukupnya. Untuk yang ingin kuah lebih banyak sesuai selera bisa tambahkan airnya dan bumbunya.

Selain itu sebanyak 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 sdt ketumbar butiran,2 butir kemiri, sedikit jahe, kunyit dan lengkuas dihaluskan.

Cara memasak ceker garang asem, pertama masukkan ceker ke dalam wajan yang berisi air yang sudah mendidih dan masak sebentar. Lalu angkat dan tiriskan atau buang airnya. Kemudian rebus kembali ceker dengan air yang baru.

Sedangkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan ditumis hingga wangi. Lalu masukkan daun salam, serai dan daun jeruk dan masak terus sampai bumbu benar-benar matang dan mengeluarkan minyak.

Kemudian masukkan bumbu tumisan ke dalam rebusan ceker dan bahan-bahan lainnya, kecuali daun bawang. Masukkan garam, kaldu jamur, merica bubuk dan sedikit gula dan diaduk merata. Terus dimasak hingga bumbu meresap dan ceker benar2 empuk. Jangan lupa cicipi rasanya apakah enak sesuai selera.

Untuk rasa asam bisa ditambah atau dikurangi belimbing wuluhnya. Terakhir masukkan irisan daun bawang sampai mengakhiri masak garang asem ceker.

Selamat mencoba. Setelah itu masakan unik pedas dan asem yang menimbulkan selera ini siap disajikan dengan nasi hangat.

Editor: Ed
Sumber: Net

Leave a Reply