Peringatan HKN Ke-56 Tingkat Panongan Digelar di Ponpes Miftahul Khaer 2



Peringatan HKN Ke-56 Tingkat Kecamatan Panongan Digelar di Ponpes Miftahul Khaer 2, Kamis (12/11/2020)

Peringatan HKN Ke-56 Tingkat Panongan Digelar di Miftahul Khaer 2

Tangerang, Bantenlink.com — Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 Tingkat Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang diadakan di Pondok Pesantren Miftahul Khaer 2 (Ponpes MK 2), yang beralamat di Kampung Kebon, Desa Rancaiyuh, Kecamatan Panongan, Kamis (12/11/2020).

Pimpinan Ponpes MK 2, K.H. Hafis Gunawan, S.Pd., mengatakan acara tersebut merupakan kegiatan Puskesmas Kecamatan Panongan, sedangkan Ponpes MK 2 menyediakan tempatnya.

“Sore kemarin saya ditelepon apakah Ponpes MK siap dijadikan tempat peringatan HKN Ke-56, saya katakan siap. Kalau untuk kebaikan sebagai Ponpes Nahdlatul Ulama dan amanat Watimpres Abah Luthfi, silahkan fasilitas Ponpes MK 2 dipergunakan,” tutur ulama muda yang akrab Abi Kiai Hafis ini kepada Bantenlink.com, Kamis (12/11/2020).

Ditambahkannya, kegiatan HKN Ke-56 di Ponpes MK 2 diisi dengan sosialisasi menjaga kesehatan menjelang berakhirnya pandemik Covid-19 pada bulan Pebruari 2021.

Kalau zaman Bung Karno 56 tahun yang lalu ada pemberantasan wabah malaria dengan penyemprotan di Kalasan Yogyakarta, dikisahkan Kiai Hafis, sekarang kita memperingatinya yang bertepatan dengan pemberantasan pandemik Covid-19.

“Selain memberikan sosialiasi kepada para santri, dari Puskesmas Panongan memberikan banner dan membagi-bagikan masker kepada seluruh peserta yang hadir,” imbuh Abi Kiai Hafis.

Dalam memperingati HKN ke-56 di Ponpes MK 2 ini, lanjutnya, seluruh peserta melakukan doa bersama dan deklarasi menjaga kesehatan bersama. Tak lupa dilakukan selfie bersama.

“Para santriawan dan santriawati menghibur para hadirin dengan hadroh, tari kreasi, silat dan debus. Acara yang juga disaksikan masyarakat sekitar Ponpes berlangsung meriah dan tertib,” sambung Kiai Hafis.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pembagian masker, praktek mencuci tangan secara simbolis oleh pewakilan santri.

Sebelumnya, saat para hadirin memasuki lokasi acara, terlebih dulu mengikuti protokol kesehatan seperti wajib mengenakan masker, penyemprotan telapak tangan dengan desinfektan dan memasuki ruang steril.

Hadir dalam kesempatan yang dimeriahkankan oleh para santriawan dan santriwati itu, Camat Panongan, Kapolsek Panongan, Danramil Panongan, Kepala Puskesmas Panongan, Ketua UKS Puskesmas Panongan, Kepala Desa Rancaiyuh, Ketua TP PKK Desa Rancaiyuh, Bhabinkamtibmas Rancaiyuh, Babinsa Rancaiyuh, Ketua Ansor dan Banser Rancaiyuh, para tokoh masyarakat.

Gerakan Masyarakat

Di awal acara, Kepala Puskesmas Panongan Drg. Farah memasuki aula Ponpes MK 2 membagi-bagikan dan memasangkan masker kepada perwakilan santri. Dilanjutkan dengan memberikan arahan dan memimpin yel-yel dan tepuk tangan kepada santri yang telah menunggu di Hari Kesehatan Nasional ke-56 yang jatuh pada hari ini.

“Kegiatan HKN Ke-56 sebagai bentuk Germas atau Gerakan Masyarakat dan untuk mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga kesehatan. Terlebih dalam menghadapi pandemik Covid-19 dan mengisi masa new normal dalam menjelang wabah yang diperkirakan akan tidak ada lagi pada bulan Pebruari 2021,” terang Drg. Farah.

Setelah itu Ketua UKS Panongan, Devi, memberikan petunjuk kepada perwakilan santri tentang bagaimana cara mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesuai protokol kesehatan.

Dalam kata pendahuluannya, Devi selaku Ketua UKS mengapresiasi setingginya tentang kerja sama yang sangat baik dan sigapnya Kiai Hafis Gunawan. Selaku Pimpinan Ponpes MK 2 mendapatkan kepercayaan untuk dijadikan tempat penyelenggaraan Hari Kesehatan Nasional ke-56. Diakuinya, semua disiapkan secara maksimal oleh Ponpes MK, meskipun Puskesmas Panongan sendiri tidak mengeluarkan biaya sepeser pun.

“Pada 2021 mendatang demi pelayanan kesehatan bagi para santri dan warga sekitar Ponpes kami merencanakan akan mengadakan Puskesmas di Ponpes MK 2,” ungkap Devi.

Camat Panongan Rudi Lesmana dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih atas fasilitas yang baik atas penyediaan tempat peringatan HKN ke-56 di Panongan yang difasilitasi Ponpes MK 2.

“Saya merasa bangga kepada Ponpes MK 2 yang baru tiga tahun di wilayah Panongan telah memberikan manfaat kepada masyarakat banyak,” puji Camat Panongan.

Rudi Lesmana menambahkan, dirinya juga bangga terhadap santri-santri MK 2, yang salah satunya berprestasi pada Olimpiade Sains Fisika.

“Untuk itu dirinya berjanji akan membantu dilakukan pembangunan jalan ke lokasi Ponpes tersebut agar lebih baik,” janjinya.

Dalam sambutannya, Pimpinan Ponpes MK 2 Kiai Hafis Gunawan menyebutkan, dirinya bersyukur Ponpes yang didirikannya yang dapat memberikan manfaat dan kebaikan di Desa Rancaiyuh, Kabupaten Tangerang.

“Kehadiran MK 2 untuk membantu masyarakat. Merupakan cabang MK 1 di Kecamatan Curug yang telah memiliki 1.300 orang. Di MK 2 santrinya baru 150 rang. Nyantri di MK 2 biayanya murah, hanya Rp 650 perbulan. Bagi yang tidak mampu digratiskan,” ungkap Kiai Abi Hafis.

Meskipun letaknya MK 2 di kampung, katanya lagi, tapi telah berprestasi di tingkat Nasional, yaitu juara pada Olimpiade Sains Fisika yang diikuti sekolah-sekolah favorit seperti Dian Harapan, Global dan Cendekia.

“Terkait Puskesmas yang akan dibangun di MK 2, silahkan gunakan lahan karena selain bermanfaat bagi santri dan masyarakat sekitar. Soal pengadaan alat-alat kesehatan, insyaAllah saya sediakan. Bukan karena banyak uang, tapi kalau kita niatkan pasti ada jalannya,” tegas Abi Hafis di akhir sambutannya pada peringatan HKN Ke-56 Panongan.

EDY TANJUNG

Leave a Reply