Wow, Saat Training Jurnalis, Peserta Kerja Bareng Wartawan Tempo

494031_620



JAKARTA, BantenLink | Copas – Tempo buka-bukaan ‘rahasia dapur’ melalui Kursus Jurnalistik Intensif, yang digelar Tempo Institute mulai 16 April 2016. Tak hanya mengikuti kelas jurnalistik, para peserta juga berkesempatan mengikuti rapat redaksi, tandem liputan bersama para wartawan Tempo, bertemu para narasumber dari berbagai latar belakang, dan juga mengikuti demam tenggat yang dijamin memacu adrenalin.
 
Kursus Jurnalistik Intensif – Tempo Institute kali ini benar-benar akan menghadirkan “pengalaman jurnalistik”. Pada empat kali pertemuan, total 32 jam, peserta mengikuti menu yang kaya praktik, mentoring, dan evaluasi bersama para jurnalis berpengalaman. “Karena kelas saja tidak cukup. Peserta juga perlu turut serta mengikuti irama kerja jurnalistik, langsung di dapur Tempo. Kami buka-bukaan rahasia dapur,” kata M. Taufiqurohman, wartawan Tempo, yang juga penanggung jawab program in, Rabu, 30 Maret 2016i.
 
Selepas kursus, para peserta berkesempatan mengikut enam bulan magang di newsroom Tempo. Teknis magang dibagi dalam dua tahap. Pada tiga bulan pertama, peserta mendapat penggantian uang transpor dan uang makan. Uji kompetensi jurnalis, dengan standar diakui Dewan Pers, dilakukan pada akhir triwulan pertama. Berikutnya, peserta yang lolos mendapat sertifikat jurnalis muda  berkesempatan mengikuti magang triwulan kedua.  Pada triwulan kedua ini peserta mendapatkan honor bila tulisannya dimuat di tempo.co.
 
Selama di kelas, peserta akan belajar tentang jurnalisme ala Tempo, perencanaan liputan, menembus sumber, teknik wawancara, reportase, liputan investigasi, dan materi lainnya. “Ini akan menjadi bekal profesional bagi fresh graduate, atau jurnalis muda, yang ingin mendalami dunia jurnalistik,” kata Martin Rambe, Divisi Pelatihan Tempo Institute.
 
Demi kenyamanan proses belajar, Tempo Institute membatasi jumlah peserta. Para peminat silakan mendaftar melalui link bit.ly/pendaftaranmenulis. Untuk informasi selengkapnya dapat menghubungi Martin Rambe (HP. 0812 8815 1738) dan mengunjugi www.tempo-institute.org atau telp 021-5482132, ext 495, 496 dan email adm@tempo-institute.org.  
 
Tempo Institute adalah sayap Grup Tempo, di bawah naungan Yayasan Tempo 21 Juni. Fokus kegiatannya adalah pengembangan kualitas jurnalistik. (Foto dan teks: tempo.co)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply