Kepala Kemenag Kab Tangerang Resmikan TPU Keramat Uyut Icang



Kepala Kemenag Kab Tangerang Resmikan TPU Keramat Uyut Icang

TANGERANG, Bantenlink.com — Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Tangerang Drs H Dedi Mahfudin MSi meresmian lokasi Makam Keramat Uyut Icang (Nasidan Bin Aidan) di RT 002/001, Kampung Kebon Pasiripis, Desa Rancaiyuh, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, sebagai tempat pemakaman umum (TPU), Sabtu 24 Oktober 2020.

Dalam peresmian TPU bertepatan di tanggal 7 Rabiulawal 1442 Hijriyah itu dilaksanakan penandatanganan prasasti
dan penyerahan akta tanah wakaf oleh Kepala Kemenag kepada pimpinan Ponpes Miftahul Khaer 2 Panongan KH Hafis Gunawan SPd yang mengelolanya.

“Kami atas nama pemerintah, menyambut baik kawasan Makam Keramat Uyut Icang dijadikan TPU secara resmi. Terkait keramat Iyut Icang, tadi Kiai Hafis telah menceritakan dirinya mencari informasi ke berbagai sumber di berbagai tempat, bahkan informasi dari Habib Luthfi bin Yahya,” ujar Kepala Kemenag.

Ditambahkannya, dengan demikian sudah dijamin jelas sejarah Makam Uyut Icang, yang menambah lagi tempat bersejarah di Kabupaten Tangerang.

“Namun sebagai tempat keramat, nanti harus dihalangi kalau ada fihak lain yang menjadikan sebagai tempat kegiatan yang dilarang dalam agama Islam,” pesannya.

Sebelumnya, KH Hafis Gunawan mendoakan agar seluruh yang hadir ditambahkan kesehatan dan kebarokahan oleh Allah SWT. Dalam kata sambutannya mengemukakan, Buyut Icang merupakan waliullah. Orang-orang tua banyak menceritakan berbagai karomahnya.

“Saya sendiri mendapatkan amanat dari orang tua agar tanah ini jangan sampai dijual tapi dijadikan sebagai tanah wakaf yang dipergunakan untuk umum,” kata Kiai Hafis.

Kepala Kemenag Kab Tangerang Resmikan TPU Keramat Uyut Icang

Kepala Kemenag Kab Tangerang Resmikan TPU Keramat Uyut Icang

Diceritakannya, setelah mendapat amanat dari orang tuanya, dirinya mencari tanah makam Buyut Icang yang telah lama menjadi semak belukar.

“Mencari makam Uyut Icang sebagai amanat orangtuanya sebelum meninggal dunia pada 2013. Setelah itu bersama-sama masyarakat melakukan pembabatan hutan. Dengan izin Allah batu nisan Buyut Icang ditemukan, dan dibangun pendopo dan mushola, sehingga areal TPU Makam Keramat Uyut Icang dapat diresmikan oleh Kepala Kemenag pada hari ini,” tutur Kiai Hafis.

Sebagai info, dalam akta Wakaf Tanah Makam disebutkan Hafis Gunawan SPd selaku Wakif, Muhamad Murdi menjadi nadzir dengan nomor A. 1W/APA.1.W:W.2.a/003/17/2020, No.Sertifikat: Persil No. 59 D II. Tanah seluas 1943 meter kuadrat di kampung kebon pasiripis, RT 002/001 Desa Rancaiyuh Kecamatan Panongam
tersebut diperuntukan Taman Pemakaman Umum (TPU) Islam.

Sementara itu, pada kegiatan peresmian TPU Makam Keramat Buyut Icang dihadiri ribuan para jamaah karena diisi dengan Dzikir Akbar dan Istighosah yang dibawakan oleh oleh Abuya KH Abdul Aziz
yang datang dari Banten bersama KH Ahmad Rafiuddin.

Peresmian TPU Makam Keramat Uyut Icang yang dihadiri Kiai Sepuh KH Asmuni, Pengawas Kemenag Kabupaten Tangerang DR KH Yayat Suhayat dan Kades Rancaiyuh Suherman, Kaum Nahdliyyin, Pengurus MWC NU Panongan, GP Ansor, Banser NU dan PPini diawali pembacaan Kalam Illahi oleh Ustadz Endin Saprudin dari al Mustaidin. Juga dihadiri sesepuh dan ribuan warga masyarakat lainnya.

EDY

Kepala Kemenag Kab Tangerang Resmikan TPU Keramat Uyut Icang


Kepala Kemenag Kab Tangerang Resmikan TPU Keramat Uyut Icang

Leave a Reply