Pengabdian Masyarakat, Kampus “Surya” Gading Serpong Sosialisasi Makanan Bergizi ke Tim PKK

univ surya

Tangerang | BantenLink – Dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Surya di Gading Serpong mengadakan penyuluhan makanan bergizi pada sejumlah masyarakat Desa Curug sangereng, Kecamatan Kelapadua, Kabupaten Tangerang, Banten.

Tina, seorang dosen Program Studi Teknologi Pangan di kampus didirikan Yohannes Surya itu, bersama sejumlah mahasiswanya mengadakan kegiatan Sosialisasi Gizi Seimbang dan Pengolahan Makanan Alternatif kepada para pengurus dan anggota Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) setempat.

“Kegiatan sosial mahasiswa Kampus Surya di Desa Curugsangereng ini merupakan yang kedua kali. Kami memberikan bantuan dan mengajarkan cara pengolahan pangan alternatif yang bergizi tinggi dari bahan lokal, yakni brownis dari tanaman kunyit dan selai dari kulit jeruk. Sebelumnya, telah dilaksanakan pelatihan pembuatan abon dari bahan ceker ayam,” ungkap Tina pada BantenLink.com, Senin 21 Maret 2016.



Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Kampus Surya sendiri dibuka oleh Sekretaris Desa Curugsangereng, Ariyani. Ia menggantikan Kepala Desa, Sukron, yang sedang berhalangan hadir. Dalam sambutannya Ariyani menyebutkan bahwa penyuluhan gizi seimbang sangat diperlukan masyarakat Desa Curugsangereng yang terkenal sangat menjaga kesehatan.

“Makanan olahan yang bergizi dari bahan lokal merupakan salah satu potensi pembedayaan pada Warga Curugsangereng. Terlebih dapat dijadikan sebagai mata pencaharian,termasuk bermanfaat bagi kesehatan jika mengkomsumsinya,” ungkap Ariyani dalam kata sambutannya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Curugsangereng, Siti Rukiah, menghaturkan terimakasih pada dosen dan mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Universitas Surya yang melakukan bakti sosial di wilayahnya. Apalagi warganya mendapatkan secara gratis pelatihan dan praktek mengolah makanan bergizi yang mudah untuk diterapkan.

“Kami senang mendapatkan pengetahuan dari kampus Surya, dimana mendapat hibah barang pula berupa alat timbangan berat badan dan alat pengukur tinggi badan masing-masing sebanyak 3 buah. Bantuan ini sangat bermanfaat dan kami gunakan dalam kegiatan Posyandu di desa,” ujar Siti Rukiah. (edy)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply