Bupati dan Kepala BPTP Prov Jambi Awali Panen Padi Inpara 3, Hasil Sawah Lampaui Target



Foto untuk berita: Kepala BPTP dan Bupati Muaro Jambi Panen Padi Inpara 3

Foto-foto untuk berita: Kepala BPTP dan Bupati Muaro Jambi Panen Padi Inpara 3


MUARO JAMBI, Bantenlink.com — Bupati Muaro Jambi, Hj Masnah Busro SE, menyebutkan kegiatan pertanian dapat memperoleh hasil maksimal jika menyandingkan petani millenial dengan petani tradisional. Saat acara Panen Raya Padi Sawah Inpara 3 Kelompok Tani (Poktan) Jaya Bersama, Desa Kemingking Luar, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten (Kab) Muaro Jambi, Provinsi Jambi, dirinya mengapresiasi hasil yang dicapai melampaui target produksi. Namun diingatkannya, perlunya menggunakan alat mesin panen moderen serta berjiwa milenial dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk budidaya, penggunaan bibit unggul, kalender tanam dan lainnya.

Oleh Ir. Marlina Susy Rangkuti

Demikian terungkap saat Bupati Masnah Busro mengawali panen raya padi sawah bersama Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Prov Jambi, Dr Rustam, dengan unsur-unsur lainnya di sawah yang dikelola Poktan wilayah setempat, Kamis (18/09/2020). Dalam panen raya yang melampaui target hasil itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Kadis TPH), Kepala Badan Statistik Kab Muaro Jambi dan Kepala Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi juga menghadirinya, selain
organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya, seperti Dinas Perkebunan, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kominfo. Juga tampak hadir Camat, Kapolsek, Danramil Kec Taman Rajo, Kades Kemingking Luar, Ketua dan anggota Poktan/Gapoktan se-Kecamatan Taman Rajo serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kab Muaro Jambi.

Bupati Muaro Jambi dalam sambutannya menyebutkan, pengusahaan pertanian moderen sangat membantu petani. Untuk itu, agar pelaksanaan panen tak menyita waktu sangat perlu menggunakan alat mesin panen. “Pengalokasian anggaran untuk pengadaan alat mesin pertanian atau alat mesin panen padi dapat diajukan kepada dinas TPH untuk dikucurkan di tahun berikutnya,” tambahnya.

Bupati Muaro Jambi mengharapkan agar petan tetap bersemangat. Karena usaha tani yang dilaksanakan dapat menjadi sumber utama dalam membantu perekonomian keluarga. “Saya sarankan agar bapak-ibu petanijuga memanfaatkan pematang sawah dengan menanam sayuran buah seperti cabai, tomat, terung dan lainnya untuk mengurangi biaya pengeluaran keluarga akan sayuran,” ungkap Masnah Busro.

Di penghujung sambutannya, Masnah Busro mengharapkan agar PPL agar senantiasa mengawal usaha tani melalui peningkatan pengetahuan petani atau masyarakat pertanian di Kabupaten Muaro Jambi.

Pada acara panen raya padi tersebut Bupati Muaro Jambi menyempatkan diri melakukan penyerahan bantuan jaring untuk mengamankan tanaman padi dari hama burung. Bantuan diberikan kepada petani yang tersebar untuk 6 kecamatan masing-masing memperoleh 500 hingga 1000 rol jaring per kecamatan. Sedangkan kepada Poktan Tani Maju diserahkan 1 unit power thresher.

Senada Bupati, Kadis TPH Kab Muaro Jambi dalam laporannya menyampaikan, luas tanam padi sawah di Desa Kemingking Luar, berada pada 3 titik, yang ditanami varietas unggul Inpara 3 dengan sistem tanam Jajar Legowo 4:1. Dari luas hamparan sekitar 60 hektar yang dipanen pada hari itu seluas 30 hektar. “Hasil panen atau produksi padi pada panen raya ini melampaui target hasil, yakni diperoleh sekira 5,6 ton per hektar. Tentunya berarti berkontribusi dan memberikan sumbangsih bagi Kab. Muaro Jambi,” papar Kadis TPH.

Untuk musim tanam periode Okmar (Oktober-Maret) melalui dana APBD, lanjutnya, kepada Poktan yang mengajukan rencana kebutuhan benih padi tersedia agar tersedia tepat waktu pada saat tanam akan mengalokasikan bantuan benih varietas unggul Inpara 3 sebanyak 40 ton.

Sementara itu, Kepala BPP Jambi menyampaikan pihaknya bermitra dengan Kepala BPTP Prov Jambi.”BPTP juga membina BPP yang untuk konsep Kostratani yanh merupakan alat kemudi program pembangunan pertanian di tingkat kecamatan,” ujar kepala BPP Jambi.

Kepala Desa Kemingking Luar sangat berterima kasih atas semua bantuan dan dukungan pemerintah daerah dalam memajukan pertanian khususnya pada wilayah kerjanya. “Acara ini dihadiri dengan antusias oleh masyarakat dengan keberhasilan usaha pertanian padi yang sudah dicapai oleh masyarakat Desa Kemingking Luar,” tandas Kades Kemingking Luar.

Penulis Ir. Marlina Susy Rangkuti, adalah Penyuluh Pertama di BPTP Jambi

Tags:

Leave a Reply