Pemilihan RW 016 Binong Saat Pandemik, Panitia Antar Jemput Suara Warga ke Rumah



Ngatman menerima berkas-berkas RW 016 dari Isbandiyo selaku Ketua RW yang lama setelah dirinya terpilih sebagai Ketua RW 016 Binong, Curug, Kab Tangerang, Sabtu (18/7/2020)

TANGERANG, Bantenlink.com — Dengan berakhirnya masa kepemimpinan ke II Isbandio selaku Ketua RW 016 Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu (19/7/2020), di wilayah tersebut dilaksanakan pemilihan Ketua RW yang baru.

Menurut Isbandio, setelah dilakukan pemilihan tersebut dirinya secara resmi menjadi Penasehat RW 016. Sedangkan dari 3 calon yang bertarung yakni calon nomor 1. H Ngatman, 2. H Bambang Teguh, dan 3. Amir Irfan, yang terpilih jadi Ketua RW yang baru yakni H Ngatman dengan perolehan suara teringgi.

“Ya, ada 180 surat suara yang diedarkan di 9 RT, karena per RT disediakan 20 surat suara. Sedangkan pemilik hak suara 178 orang terhitung sebagai kepala keluarga. Secara rinci untuk perolehan suara pak Ngatman dapat 132, pak Bambang memperoleh 30 suara, pak Amir mendapatkan 14 suara dan yang tidak sah 2 suara,” papar Isbandiyo.

Dijelaskannya, metode pemilihan Ketua RW 016 Kelurahan Binong, memiliki cara yang unik. Yakni setelah surat suara diantarkan ke rumah warga, Panitia kemudian mengumpulkan surat suara yang dicoblos pemilik surat suara tersebut. Surat suara sebelumnya, terangnya, dibawa para Ketua RT ke rumah masing-masing warga.

“Setelah warga melakukan pencoblosan, berikutnya panitia melakukan penarikan surat suara dari rumah ke rumah dengan menyediakan box tertutup. Kemudian Pada Sabtu malam Minggu bertempat di Gedung Pos RW, barulah box tersebut dibuka untuk dilakukan penghitungan suara yang disaksikan para Unsur Kelurahan, Ketua Forum RW, Babinsa Binamas dan Ketua MUI,” tutur Isbandiyo.

Mantan Ketua RW yang berjanji akan membantu Ketua RW yang baru itu menambahkan, dirinya merasa bersyukur kegiatan pemilihan Ketua RW 016 berjalan dengan meriah, namun lancar. Terlebih dalam kegiatan di masa pandemi Covid-19 ini masyarakat pun terlihat peduli mencegah penularan Covid-19 dengan melakukan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak di area Gedung Pos RW 016.

“Terakhir, saya berterima kasih kepada Panitia Pemilihan RW yang telah berhasil melaksanakan tugasnya dengan lancar dan tertib. Juga berterima kasih kepada warga yang menjaga persatuan dan kesatuan dalam pergantian Ketua RW 016. Harapan saya kepada Pak Ngatman sebagai RW yang baru agar dapat mengedepankan pembangunan berdasarkan kepentingan dan lingkunga bersama,” pesan Isbandiyo terkait harapannya.

Sementara itu, Ketua RW 016 Kelurahan Binong terpilih Ngatman mengatakan, dirinya tidak mau berjanji hal muluk-muluk terkait kemenangannya. Namun dirinya bertekad akan berlaku amanah dalam menjalankan tugas sebaik mungkin untuk memenuhi kepentingan warga seperti dapat membangun lingkungan setempat

“Insya Allah saya akan berusaha amanah dalam menjalankan tugas. Target utama saya mempersatukan warga di Perumahan Binong Permai sangat beragam ini karena datang dari berbagai wilayah mulai Sumatera hingga Papua,” ungkap Ngatman.

Ditanya terkait target pembangunan yang akan dilaksanakannya di awal menjabat sebagai Ketua RW 016, Ngatman pun menuturkan insyaallah dirinya akan memprioritaskan perbaikan saluran-saluran air. Alasannya, jika jalan-jalan air tak terurus akan membuat air meluap ke dalam rumah warga saat datang hujan.

EDY TANJUNG

Comments are closed.