Musrenbang Kecamatan Legok 2017, Mantapkan Tatakelola Pemerintahan

Foto: Edy

Foto: Edy

Tangerang | BantenLink – Pemerintah Kecamatan dan masyarakat Legok, Kabupaten Tangerang Banten, Senin (22/2/2016) mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk tahun 2017. Musrenbang tersebut sebagai tindak-lanjut dari sebanyak 11 Musrenbang Desa/Kelurahan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Kegiatan bertema “Penuntasan Infrastruktur, Pelayanan Dasar, Peningkatan Daya Saing Daerah dan pemantapan Tata Kelola Pemerintahan” itu, ditandai dengan pandangan tentang pembangunan oleh Camat Dadan Gandana. Berikutnya, para anggota DPRD dari Dapil 6 (Legok, Pagedangan, Cisauk dan Kelapadua), serta yang mewakili Bappeda dan SKPD turut memberikan paparannya.



Tampak hadir anggota DPRD Ukar Sar’ih, H Achmad Ghozali SPdI MSi, H Achmad Agus Salam SSos, HM Supriadi, Akmaludin Nugraha STP, Adi Tiya Wijaya dan H Zaenudin SPd. Selain itu, turut memberikan pemaparan mewakili Bappeda Kabupaten Tangerang. Sedang Kapolsek dan Danramil mengingatkan akan pentingnya masyarakat menjaga kemananan, menangkal teror dan aliran sesat.

Terungkap dalam Musrenbang, agar Pembangunan yang akan dilaksanakan match dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Perlu pengawalan rencana pembangunan di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Pemda membangun tak bisa berdiri sendiri, tapi harus berdasarkan usulan masyarakat.

Dalam bidang infrastruktur, pasca pelepasan dari otoritas Provinsi Banten jalan raya Legok-Karawaci, seharusnya mendapat perhatian untuk peningkatannya agar tidak macet. Bidang Pendidikan, tidak berimbangnya jumlah SMP Negeri (2) dengan SD Negeri (59), sehingga sekolah baru sangat urgent dibangun. Bidang Kesehatan Puskesmas Caringin sudah waktunya ditingkatkan berfasilitas Rawat Inap. Untuk pemberdayaan ekonomi, agar UMKM mendapat permodalan dan pembinaan Pemda.

Musrenbang dihadiri aparatur kecamatan, desa, tokoh dan berbagai elemen masyarakat sebagai stakeholder. Meskipun masih ada sebanyak 5 dari 11 desa/kelurahan yang belum menyampaikan draft usulannya, namun hasil pembahasan usulan Musrenbang dalam diskusi diharapkan menjadi kesepakatan Format (F) 1 dan 2 di tahun 2016. (edy)

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply