Dana BOS Kab Tangerang Telat! Kepsek Minta Cepat Cair untuk Biaya Ujian Sekolah



Ilustrasi untuk berita “Dana BOS Kab Tangerang Telat! Kepsek Minta Cepat Cair untuk Biaya Ujian Sekolah”

TANGERANG, Bantenlink.com — Hingga saat ini sebagian Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Tangerang belum menerima dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) triwulan kedua. Para Kepala Sekolah berharap dengan cairnya dana BOS dapat membiayai kebutuhan sekolah yang sangat mendesak dalam menghadapi ujian semester.

Beberapa Kepsek yang merasa tidak enak disebutkan namanya mengatakan, dengan tidak turunnya dana BOS hingga bulan Juni ini, diantaranya mengakibatkan kesulitan untuk kertas untuk biaya fotokopi bahan ujian, print nilai ujian dan lainnya. Terlebih karena sekolah tidak memiliki dana stand by dan tidak bisa mengutang.

“Mestinya setelah selesai pelaporan dana BOS pada triwulan sebelumnya dan mendapatkan persetujuan pencairan dana BOS berikutnya anggaran bisa langsung
cair, agar pelaksanaan kegiatan lebih lancar terutama dalam menghadapi ujian sekolah,” tutur salah seorang Kepsek.

Ditambahkannya, meskipun ada pihak sekolah yang telah mencairkan dana BOS, namun banyak yang belum bisa mencairkannya. Akibat lamanya turun dana BOS bagi sebagian sekolah, mengakibatkan para Kepsek dan Bendahara yang berulangkali ke Bank BJB untuk menanyakannya.

“Kan malu juga kita bolak-balik datang ke BJB tapi dana BOS-nya enggak cair-cair,” keluhnya.

Dirinya mengakui, tidak mau menyalahkan siapa-siapa terkait dengan lambatnya pencairan Dana BOS untuk sebagian besar SDN di Kabupaten Tangerang itu.

“Bersama yang lain kami hanya bisa berharap pihak yang berwenang dapat membantu kesulitan keuangan yang sedang dialami sekolah dengan mempercepat pencairan dana BOS, karena tak ada tempat mengutang,” harap Kepsek tersebut.

ED

Leave a Reply