Aspirasi Mulyanto DPR RI, Rispanel PKS Dukung Pemasangan Satelit Air RW 08 Binong



Rispanel PKS Dukung Satelit Air RW 08 Binong Aspirasi Mulyanto DPR RI

TANGERANG, Bantenlink.com — Anggota DPRD Kabupaten Tangerang dari PKS Rispanel Arya, mendukung dan turut bersyukur dengan adanya pembuatan satelit air dari sumber mata air dalam tanah yang dilakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Salah satu lokasi pemasangannya yakni di RW 08, Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Banten. Pemasangan satelit air di wilayah tersebut merupakan inisiasi salah seorang legislator DPR RI asal daerah pilihan Banten 3, Mulyanto, yang duduk di Komisi VII.

“Ya, saya mendukung dilksanakannya pemasangan satelit air di RW 08 Kelurahan Binong, karena tempat yang tepat dengan penduduknya yang padat dan berpotensi kekurangan air. Selain itu untuk mendapatkan air yang cukup, bersih dan layak komsumsi, pemasangan satelit air di wilayah ini karena lokasi ini karena mempunyai lahan yang cukup untuk sarana prasarananya yaitu seluas 60 meter persegi. Jadi saya mendukung adanya program berpihak pada masyarakat dari pemerintah pusat ini,” papar Rispanel Arya di lokasi Rabu (6/5/2020).

Pemerintah pusat sendiri untuk kebutuhan pelayanan penyediaan air bersih masyarakat melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Badan Geologi Bandung melakukan pengecekan langsung sumber mata air pada 6 Mei 2020. Rispanel Arya pun dalam tupoksinya sebagai controling sebagai wakil rakyat ikut memantau pelaksanaan pengecekan tersebut

“Kebetulan program pemasangan satelit ini yang inisiasi Pak Mulyanto politisi dari PKS Anggota DPR RI yang duduk di Komisi VII DPR RI. Jadi karena sama-sama dari PKS saya ikut memantaunya. Kebetulan juga lokasi pembuatan satelitnya di RW 08 Kelurahan Binong. Pastilah saya merasa bersyukur dan mendukung pelaksanaannya,” terang wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Curug, Cikupa dan Panongan ini.

Lebih jauh dikatakannya, pengecekan sumber air yang dilakukan Badan Geologi untuk mengetahui titik mata air atau sumber air yang tepat di arus air bawah tanah seperti yang dilakukan PDAM yang dibuat sangat dalam sehingga tidak mengganggu sumber air masyarakat yang sudah digunakan sebelumnya. Maksudnya agar tidak menyedot atau membuat kering sumber air yang dipakai warga di kedalaman tertentu.

“Terkait menjadikan wilayah RW 08 sebagai lokasi sumber mata air, merupakan aspirasi warga dibawakan dan dikawal wakil rakyat untuk pusat, Pak Mulyanto. Terealisasinya aspirasi ini tentunya sangat bermanfaat bagi warga setempat dalam memenuhi kebutuhan air bersih dan layak komsumsi. Apalagi tempatnya pemasangan satelit air ini pun berada di lahan yang kondisi airnya banyak mengandung zat besi,” jelas Rispanel Arya lagi.

Sementara Ketua RW 08, Wasidi, mengatakan dirinya mewakili masyarakat sangat berterimakasih atas perhatian yang dilakukan pemerintah pusat untuk melayani dan memenuhi kebutuhan warga dalam mendapatkan air bersih dan layak komsumsi. Disebutkannya, di wilayahnya dengan sebanyak 8 RT ada sekitar 85 persen warganya menggunakan air yang agak kuning karena diperkirakan banyak mengandung zat besi.

”Syukurlah tempat kami melalui aspirasi Bapak Mulyono selaku anggota DPR RI mendapatkan perhatian pemerintah untuk dibuatkan satelit air. Pas pihak Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Badan Geologi Bandung pun langsung mengecek sumber yang tepat untuk mendapatkan air bersih dan layak dikomsumsi, Pak Rispanel Arya DPRD Kabupaten Tangerang juga turun untuk memantau pekerjaannya agar maksimal. Dengan adanya pemasangan satelit air diharapkan nantinya dapat membantu kebutuhan warga 8 RT memenuhi kebutuhan air bersih dan layak dikomsumsi, karena 85 persen air disini kuning karena banyak mengandung zat besi,” tandas Wasidi.

EDY TANJUNG

Leave a Reply