Rano Karno: Bimtek SDM Sekretaris Desa Agar Tak Buang Waktu dan Anggaran

H. Rano Karno, SIP (Foto Edy)

H. Rano Karno, SIP (Foto Edy)

TANGERANG|BantenLink-Gubernur Banten, Rano Karno, menegaskan Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Sekretaris Desa (Sekdes), agar tidak cuma membuang waktu dan anggaran.

Hal itu disampaikannya di hadapan 1326 Sekretaris Desa dan 118 Aparatur Kecamatan dari 4 Kabupaten (Serang, Pandeglang , Lebak dan Tangerang) se- Provinsi Banten, Kamis malam (11/2/2016).

Pada acara yang berlangsung di Hotel Grand Serpong KotaTangerang tersebut, Rano Karno menyebutkan, kalau Gubernur (dirinya) tidak merasa penting, dia tidak akan membuka acara tersebut.



Rano Karno, jajran di bawahnya dan peserta Bimtek Sekdes. (Foto Edy)

Rano Karno, jajran di bawahnya dan peserta Bimtek Sekdes. (Foto Edy)

“Tapi, karena saya merasa sangat penting dan ingin bertemu dengan para Sekdes, saya membuka acara ini,” ungkapnya.

Namun, pada Bimtek bertajuk ‘Penguatan Kapasitas SDM Aparatur Desa dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Menuju Desa Mandiri’ itu, Rano bahkan mengakui sangat pentingnya peran Sekdes.

“Soalnya, masalah adminstrasi ada di tangan Sekdes. Jika laporan administrasi dan pertanggungjawaban yang dibuat Sekdes baik akan menjadi tolak ukur keberhasilan desa, ” terang mantan Wakil Gubernur pengganti Ratu Atut Chosiyah ini.

Tapi, lanjutnya, jika Sekdes membuat laporan administrasi dengan tidak baik, akan membuat desa sulit mendapatkan anggaran untuk pembangunan. Karenanya, ia mengharapkan para Sekdes dan aparatur desa agar bisa membuat perubahan pada desa.

“Untuk itu marilah sama-sama kita belajar tentang administrasi pemerintahan. Sama halnya dengan cerita ‘Si Doel Anak Sekolahan’, yang selalu harus belajar,” pungkas Rano Karno tiba-tiba menyebutkan judul sinetron yang sedang diputar ulang di salah satu televisi. (edy)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply