Relawan CYBER Gelar Baksos di SDN Karawaci Baru 1, Cegah Corona dan DBD



Foto bersama relawan CYBER dan para guru SDN Karawaci Baru 1, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Rabu (5/4/2020)

Photo 1 Berita: Cyber Semprot Corona & Nyamuk DBD, Beri Bilik dan Banner PHBS SDN Karawaci Baru 1

KOTA TANGERANG, Bantenlink.com — Sebagai bentuk kepedulian Perkumpulan Cyber Family untuk sekolah, Minggu (5/4/2020), melakukan kegiatan bakti sosial (baksos) penyemprotan desinfektan Covid-19, fogging nyamuk DBD (demam berdarah dengue), penyerahan bilik PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) dan spanduk sosialisasi di SDN Karawaci Baru 1 Kelurahan Nusa Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Dalam kesempatan itu tim relawan Cyber Family dibawah pimpinan Teguh Saniyako mendapatkan sambutan hangat dari Kepala SDN Karawaci Baru 1 Enung Komariah S.Pd. dan Ketua RW 03 Edy Djuhana. Dan tanpa menunggu lama, para relawan langsung menggunakan peralatan berupa dua alat penyemprot desinfektan virus Corona dan dua alat fogging nyamuk DBD, menyemprotkan cairan sebanyak 2,5 drum bahan kesehatan untuk 18 ruang kelas, musholla, kamar mandi, toilet dan taman.

Teguh Saniyako S.Sos., M.Si, mengatakan bahan yang dipergunakan untuk desinfektan menggunakan standar WHO (World Health Organization). “Sedangkan untuk peralatan teknisnya dibuat sendiri oleh relawan CYBER,” katanya.

Dalam penyemprotan itu, terusnya, seluruh bagian sekolah disemprot dengan bahan yang aman bagi kesehatan manusia.

“Namun bahan itu sangat efektif untuk membunuh virus Corona. Begitu juga kualitas bahan untuk penyemprotan nyamuk demam berdarah,” sambung ASN yang aktif dalam kegiatan kemasyarakatan itu.

Diterangkannya, terkait pengambilan waktu kegiatan penyemprotan, sangat cocok mengambil masa libur sekolah, apalagi saat merebaknya penyakit yang disebabkan virus corona (Covid-19) itu.

“Tak hanya melakukan penyemprotan sekolah, relawan CYBER sekaligus memberikan sosialisasi PHBS dan memberikan bilik desinfektan kepada SDN Karawaci Baru 1,” katanya lagi.

Saniyako menambahkan, perkumpulannya sendiri, bukanlah sebuah komunitas atau organisasi, tapi spontanitas lahir dari masyarakat yang melakukan bakti sosial berangkat dari keikhlasan dan ingin bermanfaat bagi sesama. Perkumpulannya kami, ungkapnya, memang berangkat atas dasar keinginan hati nurani, ingin memberikan sesuatu yang terbaik bagi lingkungan.

Mengenai dijadikannya SDN Karawaci Baru 1 itu menjadi tempat baksos, karena kebetulan anak-anak Saniyako menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

“Terkait penyemprotan dan sosialisasi bilik desinfektan Covid-19 dan fogging DBD kami laksanakan saat anak-anak sekolah di rumah masing-masing, agar saat siswa-siswi saat masuk sekolah kembali, keadaan sudah seperti semula. Nantinya bilik PHBS tersebut masih bisa dipergunakan untuk kepentingan apa saja, termasuk pembiasaan PHBS,” papar Saniyako.

Tentang bahan nantinya, bisa mencari dan menggunakan bahan apa saja, tapi menggunakan bahan terpilih, yang baik bagi anak. Sumbernya bisa diperoleh dari siapa saja, dan kerjasama dengan siapa saja. Yang terpenting masih ada kemanfaatannya.

Sementara itu, Kepala SDN Karawaci Baru 1 Enung Komariah, mengakui dirinya merasa terharu dan berterima kasih atas kepedulian CYBER dalam mencegah penyakit berbahaya Covid-19 dan DBD.

“Kepedulian masyarakat semacam ini yang sangat diperlukan. Apalagi sampai berpartisipasi dalam pencegahan Covid-19 di sekolah. Tentunya dapat berguna bagi pendidik dann peserta didik yang sampai saat ini terpaksa KBM di rumah masing-masing dengan daring,” tutur Enung Komariah.

Sedangkan untuk fogging DBD yang bisa menghindari nyamuk demam berdarah, Kepsek SDN Karawaci Baru 1 menyebutkan sangat baik dilakukan. Alasannya, sekarang ini berada dalam peralihan musim hujan ke musim panas.

“Dengan adanya fogging diharapkan nantinya anak-anak saat sudah masuk sekolah tidak lagi perasaan was-was terjangkit DBD,” harap Enung.

Di penghujung, dirinya mengucapkan terima kasih kepada relawan CYBER yang begitu peduli dengan sekolah. Bukan hanya melakukan baksos penyemprotan wabah Covid-19 fogging sarang nyamuk demam berdarah.

“Syukurlah, kami juga memdapatkan Bilik PHBS, spanduk, sosialisasi pencegahan Covid-19 dan demam berdarah serta mengajak berperilaku hidup bersih dan sehat. Mudah-mudahan kemanfaatan yang telah diberikan relawan CYBER mendapatkan berkah dari Allah SWT,” tandasnya.

Cyber Semprot Corona & Nyamuk DBD, Beri Bilik dan Banner PHBS SDN Karawaci Baru 1


Suasana penyemprotan di dalam ruangan kelas SDN Karawaci Baru 1

EDY TANJUNG

Leave a Reply