Kelurahan Bojong Jaya – Cyber Family Sosialisasi Cegah Covid-19 dan Semprot Desinfektan Mesjid



Pose bersama aparatur Kelurahan Bojong Jaya dan Cyber Family seusai penyemprotan desinfektan di mesjid
dan sosialisasi Covid-19, Jumat (3/4/2020)

KOTA TANGERANG, Bantenlink.com — Pemerintah Kelurahan Bojong Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang dan jajaran bekerja sama dengan relawan Cyber Family melakukan sosialisasi pencegahan Corona Virus Desease (Covid-19) dan penyemprotan desinfektan di mesjid tempat beribadah umat Islam, Jumat (3/4/2020).

Dalam kesempatan itu, Lurah Bojong Jaya, Kecamatan Karawaci Baru, Kota Tangerang, Ade Rudiyanto, didampingi Relawan Ketua Cyber Family Teguh Saniyako, Ketua LPM, TP PKK, Karang Taruna, RW 05 Nana, para Satgas Covid-19, Ketua DKM Baiturahim Erik, serta elemen masyarakat wilayah setempat lainnya.

“Sejak mewabahnya Covid-19, kami selaku Tiga Pilar (Lurah, Binamas, Babinsa) dan Satgas Posko-19 dari tiap RW senatiasa melakukan sosialisasi kepada masyarakat, diantaranya mengingatkan agar selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, rajin mencuci tangan dengan sabun, memakai masker untuk menutupi hidung dan mulut, melakukan social distancing (physical) atau menjaga jarak fisik dan tidak keluar rumah kalau tidak sangat penting,” papar Ade Rudiyanto kepada Bantenlink.com.

Ditambahkannya,shalat Jumat di mesjid yang tetap diadakan meskipun ada himbauan untuk meniadakan terkait merebaknya wabah virus Corona, dirinya pun selalu berkordonasi dengan Binamas, Babinsa dan Posko Siaga Covid-19 untuk mencarikan solusinya. Akhirnya diputuskan tetap mengadakan shalat Jumat dengan terlebih dulu dilakukan penyemprotan desinfectan.

“Ya, ada beberapa mesjid yang kami lakukan penyemprotan desinfektan hari ini, diantaranya Mesjid Baiturrahim di RW 5 dan mesjid Riyatul Jannah di RW 4, dan beberapa mesjid lainnya. Untuk yang dapat mengadakan shalat Jumat dengan aman dari penularan Covid-19, sesuai SOP (protokoler pencegahannya), kami sampaikan kepada warga untuk membawa sejadah sendiri dan menjaga sosial distancing atau jarak fisik sewaktu shalat. Selain itu, pengurus DKM (Dewan Kemakmuran Mesjid) juga menyediakan sanitizer,” beber Lurah yang baru bertugas di Kelurahan Bojong Jaya tersebut.

Lebih jauh Ade menyampaikan, wilayah yang dipimpinnya seluas 115 hektar dengan jumlah penduduk sekitar 8000 jiwa dengan 2018 kepala keluarga. Tiga Pilar dan Satgas Posko Covid-19 dan para warga senantiasa saling berkordinasi dan mengontrol wilayahnya masing-masing.

“Syukurlah sejauh ini berdasarkan data dari Puskesmas, baru satu orang yang terpapar Covid-1, yang kondisinya sedang dirawat,” terang Lurah Bojong Jaya.

Panggilan Hati Jadi Relawan

Sementara, penyelenggara kegiatan penyemprotan mesjid yakni Cyber family yang dinakhodai Teguh Saniyako didampingi rekannya bernama Marta, mengakui pihaknya bekerja sosial dari panggilan hati untuk menolong dan bermanfaat bagi sesama. diungkapnya. Pimpinan relawan yang juga berstatus ASN mengungkapkan, meskipun sekarang sedang mewabah Covid-19, berjangkitnya demam berdarah (DBD) pun tak bisa diabaikan. Makanya, selain melakukan penyemprotan untuk membasmi virus Covid-19, dirinya pun kerap melakukan penyemprotan sarang nyamuk demam berdarah. Alasannya, yang masuk rumah sakit pun banyak pasien DBD, dengan ciri-ciri sakit yang hampir sama.

“Keterlibatan saya berkecimpung langsung dengan masyarakat, semata-mata karena panggilan hati melihat kondisi yang sedang terjadi. Oleh karena itu sudah seharusnya saling bahu membahu atau gotong-royong membantu apapun dalam pencegahan dan penanganan Covid-1. Marilah kita terlibat dalam pencegahan dan mengantisipasinya,” ajak Teguh Saniyako.

Adapun dirinya tidak hanya melakukan penyemprotan Desinfektan tapi juga melakukan fogging DBD, diungkapkannya karena penyakit yang disebabkan nyamuk demam berdarah itu sangat membahayakan kesehatan masyarakat.

“Terkait pengadaan peralatan, kami sediakan sendiri yang bersumber dari dana pribadi maupun swadaya masyarakat. Untuk bahan-bahan penyemprotan, kami menggunakan sesuai standar pemerintah yang aman bagi kesehatan manusia. Bahan desinfektan sendiri yang sudah siap semprot berasal dari Dinas Kesehatan yang dijamin aman bagi kesehatan manusia,” tandasnya.

Suasana penyemprotan di dalam mesjid Baiturrahim, kampung Bojonglarang, Kelurahan Bojong Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Jumat (3/4/2020)

EDY TANJUNG

Tags:

Leave a Reply