EmrusCorner | Menolak COVID-19 Belajar dari TNI



Emrus Sihombing

PAGI INI, saya bergerak dari satu tempat menuju tempat yang lain di salah satu kota di Indonesia yang sangat bersih. Kota yang sangat manusiawi.

Di jalan saya melihat puluhan anggota TNI kita berlari pagi dengan penuh semangat dengan baju tampak basah diguyur keringat. Di raut wajah mereka tercermin spirit dan keceriaan. Tentu kegiatan ini dipastikan dapat membetuk stamina tubuh.

Saat itu, tiba-tiba terpikir oleh saya, bagaimana jika seluruh rakyat Indonesia berolahraga lari pagi, setidaknya empat kali seminggu, maka stamina tubuh kita akan tetap terjaga dengan baik sehingga dapat membantu membentuk sistem kekebalan dalam tubuh kita, yang boleh jadi sangat mampu menolak serangan virus corona.

Bahkan saya “merenung” labih jauh tentu jika memungkinkan, kenapa tidak anggota tentara kita menjadi pembina, motivator, dan sekaligus penggerak olah raga lari pagi dengan semua warga masyarakat setempat di seluruh Tanah Air.

Untuk itu, saya menyarankan kepada Panglima TNI kita berkenan menghimbau kepada masyarat, tentu bagi yang mau dan sukarela, dapat mengikuti olah raga lari pagi bersama anggota TNI kita di Indonesia.

Atau kelompok mayarakat tertentu mengajukan kepada pimpinan TNI setempat, agar salah satu anggota TNI dapat menjadi pembina dan instruktur olah raga pagi bagi mereka.

Tujuannya, tentu, agar kita semua memiliki stamina yang sangat prima menghadapi kemungkinan “serangan” virus corona.

Emrus Sihombing
Direktur Eksekutif
Lembaga EmrusCorner

Leave a Reply