Rispanel Arya Pilih Diam di Rumah Saat Virus Corona Mewabah



Rispanel Arya

TANGERANG, Bantenlink.com — Anggota DPRD dari PKS, Rispanel Arya, mengatakan dirinya memilih lebih banyak berdiam di rumah saat Covid-19 mewabah. Pasalnya di Kabupaten Tangerang tempat tinggalnya menjadi wilayah mempunyai korban penyebaran wabah Covid 19. Karenanya, agar tak terpapar oleh virus mematikan itu, mengajak warga agar mengikuti aturan Pemerintah dan MUI. Seperti jangan bepergian dari rumah kalau tidak sangat perlu dan menghindari dari keramaian umum.

“Maksudnya, kalau kena virus cukup terputus di kita, jangan membawanya dari luar ke rumah, atau dari rumah membawanya ke mesjid. Jangan seperti warga suatu negara yang suka bepergian dan tidak mematuhi peraturan pemerintah sehingga wabah Covid 19 disana banyak menelan korban. Sebaiknya meniru Korea Selatan yang warganya mematuhi peraturan Pemerintah, sehingga pengananan wabah Corona cepat teratasi,” katanya pada Bantenlink.com, Kamis (19/3/2020).

Rispanel menambahkan, agar virus dari luar tidak dibawa ke rumah atau dari rumah dibawa ke luar, dirinya pun tidak mau bepergian, cukup bersama dengan dengan keluarga saja. Apalagi tempatnya bertugas di kantor DPRD Kabupaten Tangerang hingga tanggal 31 Maret 2020 kegiatannya ditiadakan.

“Saya juga menempelkan pengumuman di pintu, sementara tidak menerima tamu. Sesuai dikatakan Nabi SAW, saya tidak keluar wilayah dulu, tapi jangan bertamu juga sampai batas waktu yang ditentukan pemerintah,” ungkap wakil rakyat Kecamatan Curug, Panongan dan Cikupa yang kini selalu membawa hand sanitizer pembunuh kuman ini.

Terkait imbauan untuk memutus rantai penyebaran cukup sampai di diri sendiri jika terpapar virus Corona, Rispanel mengingatkan terutama untuk wilayah darurat Covid 19 seperti Kabupaten Tangerang, agar mematuhi aturan pemerintah dan anjuran MUI, karena lebih mengetahui langkah-langkah yang diambil.

“Kalau MUI mengumumkan sementara ditiadakan shalat Jumat, ya ganti shalat Zuhur di rumah ajalah dulu. Seperti yang telah dilakukan di negara-negara Arab. Intinya, pada jangan menulari virus saat datang ke mesjid yang sedang ramai atau membawanya ke rumah,” ujarnya mengulangi pesan pemerintah.

Sedangkan untuk mengantisipasi penularan Covid 19, Rispanel Arya yang sebelum menjabat jadi “Dewan” pernah bekerja di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk Jakarta itu, mengingatkan agar siapapun rajin selalu mencuci telapak tangan dan jari dengan sabun atau pembasmi kuman.

“Di tempat terbuka dan dekat orang lain, jangan lupa menutup hidung dan mulut dengan masker agar tidak menghirup virus pas orang bersin atau batuk, atau sebaliknya. Selalu ingat untuk menjaga jarak sosial dengan orang lain. Kalau berada di tempat-tempat umum, hindari telapak tangan dan jari-jari kita menyentuh bagian yang sudah disentuh orang lain, terlebih banyak orang. Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT,” tutur Rispanel memberikan tips dan berharap agar terhindar dari wabah penyakit yang sedang merajalela saat ini.

EDY TANJUNG

Leave a Reply