Kiai Endang Sampaikan Tips Jitu Mengisi Masa Lansia



Ustadz Endang Haryana Tajuddin Syarif

TANGERANG, Bantenlink.com — Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang memberikan kesempatan bagi Pembina Majlis Dzikir Al Ikhlas (YMDAI), Ustadz Endang Haryana Tajuddin Syarif, untuk memberikan pencerahan pada insan lanjut usia.

Tips-tips pun disampaikannya agar sebanyak 80 lanjut usia (lansia) tetap semangat. Para lansia sendiri mendapatkan bantuan Dinsos berupa pemeriksaan mata untuk bantuan kaca mata serta bantuan sembako yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG), Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kamis (5/3/2020).

Di acara yang dihadiri Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang, H Ujat Sudrajat, Kepala Seksi dan Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Anak dan Lansia H Maruful Kahfi SI itu, disampaikannya lansia adalah proses alami, dimana fisik dan psikis sedikit demi sedikit mulai berubah. Untuk itu para lansia agar mempunyai kesibukan terutama memperbanyak tawakal dengan ibadah dan serta selalu dekat dengan keluarga.

“Dimasa lansia sama seperti yang dihadapi orang tua kita dulu, terkadang segala sesuatu yang kita hadapi tidak sesuai dengan keinginan. Untuk itu kuncinya kita menghadapi segala sesuatu dengan sabar, serta ikhlas menerima yang kita dapatkan, yakni bahwa apa yang sedang kita alami adalah hal yang wajar,” katanya.

Disebutkannya, dengan berkurangnya fungsi anggota tubuh, seperti kuping yang sudah kurang pendengaran atau kurang penglihatan, hal tersebut mungkin dapat menyebabkan perasaan merasa tersinggung.

“Dengan adanya kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan selalu berkomunikasi dengan anggota keluarga, niscaya masa-masa lansia akan dapat dilalui dengan menyenangkan, ” tandas ustadz Endang Haryana yang usianya sudah diatas 60-an yang dengan semangat menceritakan tips jitu seorang lansia.

Ed

Leave a Reply