Dinas Pendidikan Nilai Bangunan Ruang Kelas Baru SDN Cikupa 3 Sangat Bagus

Bangunan SDN Cikupa 3

Tangerang|Bantenlink, Rabu (27/1/2016)-Dalam penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)Tahun 2015, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cikupa 3, Sukamulia, Kabupaten Tangerang, Banten, telah merealisasikan dalam pembangunan 3 Ruang Kelas Baru (RKB) dengan konstruksi dibangun di atas gedung lama.

Informasi yang diterima Bantenlink dari Dinas Pendidikan, proyek pembangunan sarana sekolah ini akan selesai pada akhir bulan Januari 2016. Disebutkan, penyelesaian pembangunan tidak mangkrak, karena pihak sekolah menunggu pencairan dana yang digunakan untuk pembelian sejumlah barang bangunan dan ongkos tukang terlambat.

Terkait hal itu, siang tadi Kepala Disdik setempat, Zainuddin, mewakilkan Kepala Seksi Kurikulum, Hj Imas, melakukan pengecekan akhir kondisi pembangunan RKB. Imas yang datang bersama asistennya memuji, pekerjaan Panitia Pembangunan Sekolah (PPS) yang diketuai Kepala Sekolah (Kepsek) Siti Nuryati.

Tinjau RKB SDN Cikupa 3



“Kami dari Dinas Pendidikan berbagi tugas untuk meninjau pembangunan RKB yang ada di Kabupaten Tangerang. Maksud peninjauan agar dilaksanakan percepatan penyelesaian RKB, selambatnya selesai pada akhir Januari 2016 ini,” ungkap Imas pada Bantenlink.

Dia menjelaskan, Dinas Pendidikan memahami soal terlambatnya penyelesaian program pembangunan sekolah bertingkat itu, karena terlambatnya pencairan dana dari Pemda.

Lebih lanjut dikatakan Imas, dirinya mengapresiasi hasil pembangunan yang dikerjakan PPS SDN Cikupa 3. “Kami lihat, meski dikerjakan secara swakelola, hasil pembangunannya sangat bagus dan kokoh,” imbuh Imas.

Secara fisik bangunan berbiaya sekitar Rp 500 juta-an lebih yang dikerjakan sekolah itu, terangnya, telah rampung sekitar 95 persen. Pekerjaan serupa yang dibangun PPS SDN Cikupa 3, jika dikerjakan Dinas Cipta Karya, bisa menelan biaya melebihi Rp 700 Juta-an.

Namun Imas meminta PPS SDN Cikupa 3 yang hampir rampung itu bisa selesai paling lambat dalam 1 minggu kedepan. Alasannya, dengan selesainya bangunan kelas baru akan menunjang mutu pendidikan sehingga lebih baik, sesuai program Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar.

Saat ditanya untuk penambahan ruang kelas selanjutnya, Imas meminta pihak sekolah mengusulkannya melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), mulai Kelurahan, kecamatan, hingga tingkat Kabupaten. Realisasinya bisa ditangani Dinas Cipta Karya. Kalau DAK berasal dari Dinas Pendidikan, akan dikerjakan oleh Panitia Pembangunan Sekolah.

“Pembangunan kelas baru SDN Cikupa 3 untuk selanjutnya masih sangat dibutuhkan. Selain karena perlunya rehabilitasi sekolah, juga menyangkut pelayanan untuk banyaknya jumlah siswa dan lokasi sekolah yang berada di jalan raya akses ke Pusat Pemerintahan Tigaraksa,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SDN Cikupa 3, Siti Nuryati, menghaturkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang atas perhatian pada pembangunan RKB. Dengan adanya pembangunan ruang kelas baru diharapkannya dapat meningkatkan pelayanan pendidikan.

“Untuk pembangunan RKB selanjutnya yang masih kami butuhkan,saya segera mengusulkan penambahan RKB di atas bangunan yang satu lagi, agar semua siswa bisa bersekolah pagi,” ucap Siti Nuryati. (edy)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply