SMK Gema Bangsa Gelar Lomba Pasukan Baris Berbaris Se-Pulau Jawa



SMK Gema Bangsa gelar Lomba Pasukan Baris Berbaris

Tangerang, Bantenlink.com — SMK Gema Bangsa Cisoka, Senin, (27/1/2020), menggelar Lomba Pasukan Baris Berbaris (LPBB) Laskar Ksatria Part III Se-Pulau Jawa Open, Tingkat SD, SMP/MTS, SMA/SMK/MA Tahun 2020.

Kepala SMK Gema Bangsa Cisoka H Jamaludin SAg MSi mengatakan, perlombaan ini untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap nilai-nilai nasionalisme Indonesia. Selain itu, tujuan dari perlombaan ini untuk mengembangkan kreativitas dalam kemampuan baris-berbaris serta mempererat tali silaturahmi sesama satuan Paskibra Se-Jawa.

“Untuk kegiatan Se Pulau Jawa ini menjadi perlombaan paskibra yang ketiga diadakan oleh kami, Namun bukan menjadi yang terakhir, tapi kegiatan lomba ini aka terus berlangsung setiap tahunnya,” katanya.

Tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman wawasan kebangsaan generasi muda khususnya siswa SD, SMP, SMA/SMK. Dan, Meningkatkan jiwa nasionalisme para pemuda khususnya pelajar yang menjadi generasi penerus bangsa, serta membina kedisiplinan para pelajar, kemampuan baris-berbaris, dan pengibaran bendera yang dapat bermanfaat dalam peningkatan rasa patriotisme.

Sementara itu, Pelatih Paskibra SMK Gema Bangsa Sekaligus Ketua Pelaksana Tomi mengatakan, bahwa kegiatan lomba Paskibra didukung sekali oleh pihak sekolah serta dibantu berbagai pihak sebagai sponsor dan intansi lainnya.

“Kegiatan paskibra ini sangat positif karena bisa membangun kreativitas anak-anak muda, khususnya pelajar setingkat SMP dan SMA se-derajat. Kami banyak mengucapkan terima kasih,” ungkapnya.

Dikatakannya, materi yang dilombakan meliputi gerakan di Daerah Persiapan (DP), Kreasi Gerakan Baris – berbaris, dan yel-yel tiap kelompok. Mereka menggunakan berbagai macam pakaian (kostum), sesuai dengan tema masing-masing kelompok.

Tim penilai/juri dalam kegiatan ini pun terdiri dari beberapa instansi. Diantaranya, Kodim, Korem, Polisi, dan PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Kabupaten Tangerang.

Dalam kegiatan lomba paskibra, diikuti oleh 61 peserta antara lain SD/MI 15 peserta, tingkat SMP/MTs/Sederajat 22 dan 30 peserta dari tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat.

“Kami mengadakan kegiatan lomba paskibra ini sepulau jawa dan tidak membatasi sekolah dalam mendaftarkan pasukannya. Maka dari itu, ada dari satu sekolah yang mengirim hingga dua pasukan,” ujarnya.

MSu

Leave a Reply