Kades Aco Suryadi Laporkan Hasil Pembangunan di Musrenbangdes Malangnengah



Musrenbang Desa Malangnengah, Rabu (22/1/2020)

TANGERANG, Bantenlink.com — Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Malangnengah, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang dilaksanakan pada Rabu 22 Januari 2020 di aula desa setempat.

Hadir Kasi Pemerintahan Noni mewakili Camat Pagedangan yang hadir bersam para Kasi lainnya yakni Jajang dan Haris, kepala Desa Aco Suryadi, Sekdes, Ketua BPD, Sekdes, LPM dan Babinsa, para Ketua RT dan RW, TP PKK serta Karang Taruna.

Kades Malangnengah dalam sambutannya menyampaikan laporan pembangunan yang telah dilaksanakan di Desa Malangnengah pada 2019, diantaranya pengerjaan jalan lingkungan, saluran air, pembangunan Gedung Bersama untuk ruang BPD, LPM, Bumdes, PKK, Perpustakaan serta rehab kantor desa dengan ruang perpustakaan.

“Alhamdulillah, meskipun anggarannnya tidak mencukupi, namun pembangunannya selesai dan dapat digunakan, yang dilakukan dengan berbagai cara dan swadaya masyarakat,” tutur Kades Malangnengah Aco Suryadi dalam kata sbutannya.

Ditambahkannya, terkait rehab kantor desa dan bangunan baru gedung bersama dirinya menyebutkan untuk pembangunan desa jangan hanya jalan dan saluran air di kampung saja yang dibangun tapi kantor desa juga dibuat harus bagus.

“Ini membangun tanpa nalar. Untuk rehab yang anggarannya sekitar Rp 80-an juta habisnya lebih dari 180-an juta, utang pun menjadi resiko yang biar saya, mengatasinya bagaimana nantinya saja,” sambung Kades Aco.

Sementara itu Ketua BPD dalam kesempatan itu mengemukakan bahwa Musrenbangdes dalam rangka menampung aspirasi masyarakat.

“Selain itu evaluasi pembangunan yang sudah dilaksanakan di tahun sebelumnya. Pembangunan lebih diperioritaskan untuk saluran air dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Ketua BPD.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Pagedangan, Noni, menyebutkan, usulan disampaikan kepada Pemerintah Daerah/Pusat melalui RKPDes.

“Usulan berdasarkan kepada inventarisir potensi sumber, partisipasi masyarakat, yang bermuara kepada kesepakatan kebutuhan dan prioritas dan ketersediaan anggaran,” katanya.

EDY

Leave a Reply