Pasca Banjir, Walkot Jakbar Grebek Sampah di RW 02 dan RW 08 Kedoya Utara



Pasca Banjir, Walkot Jakbar Grebek Sampah di RW 02 dan RW 08 Kedoya Utara

Jakarta, Bantenlink.com — Walikota Jakarta Barat H Rustam Efendi didampingi Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru dan Dandim 0503/JB Kolonel Kav Valian Wicaksono melaksanakan apel kerja bakti yang dilanjutkan grebek sampah di wilayah RW 02 dan RW 08 Kedoya Utara, Kebon Jeruk Jakarta Barat, Minggu (05/01/2020).

Selanjutnya, usai pelaksanaan apel seluruh personil menempati zona yang sudah ditentukan dan langsung melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah-sampah dan lumpur sisa warga yang terkena dampak banjir.

Walikota Jakarta Barat H Rustam Efendi dalam arahannya menjelaskan, kegiatan kerja bakti ini diikuti oleh personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Pemkot Jakarta Barat, Satpol PP, Unit Pemadam Kebakaran dan PMI Jakarta Barat.

“Hari kita melaksanakan pembersihan kompak se-DKI Jakarta. Wilayah kita di RW 02 dan RW 08 Kelurahan Kedoya Utara Kebon Jeruk ini yang sangat parah banjirnya dibanding Wilayah yang lain,” jelas Rustam.

Ia menambahkan, pelaksanaan Kerja bakti masal ini untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Kegiatan kerja bakti ini juga dibagi menjadi 7 titik Lokasi zona. Kegiatan ini akan kita lanjutkan sampai benar-benar bersih sehingga masyarakat bisa beraktifitas kembali,” tambahnya.

Masih dikatakannya, dari pantauan di beberapa titik lokasi banjir,ternyata adan infrasruktur yang tidak bekerja maksimal.

“Ada Kali Angke dan kali Mokevart yang belum maksimal dikarenakan titik pompa yang generatornya kerendam air, selain itu juga masih banyak drainase yang harus kita betulkan,” katanya.

Rustam menjelaskan, beberapa posko kesehatan sudah didirikan di beberapa titik lokasi banjir untuk membantu warga korban banjir yang terkena wabah penyakit akibat dampak banjir.

“Akibat banjir ini memang sangat rentan sekali terkena penyakit terutama anak-anak seperti panas dan gatal-gatal. Untuk itu, selain dapur umum, kami menyiapkan posko kesehatan berharap semua yang menderita penyakit dapat kita tangani dengan baik,” jelasnya.

Sementara, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru SIK mengatakan, pihaknya beserta jajaran bersama Dandim 0503/JB mendampingi Walikota Jakarta Barat meninjau langsung kegiatan kerja bakti dan memetakan lokasi sumber banjir, peninjauan rumah pompa air serta memberikan bantuan kepada para pengungsi.

“Disamping meninjau lokasi, kita juga memberikan bantuan sosial yang diserahkan secara simbolis kepada warga korban banjir. Semoga dengan kegiatan ini dapat mengurangi beban saudara kita yang sedang terkena musibah banjir,” katanya.

Masih di lokasi, salah seorang warga Rupaida, mengatakan tingginya curah hujan yang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya yang berakibat banjir di tempat tinggalnya membuat dirinya bersama keluarga mengungsi di salah satu sekolah. Menurutnya, banjir tahun ini melebihi banjir tahun sebelumnya.

“Selama mengungsi, warga mendapatkan bantuan sembako dan pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Untuk itu, ia berharap kepada Pemerintah agar cepat tanggap dalam memberikan bantuan kepada korban banjir seperti air bersih dan juga agar memperbaiki sistem drainase.

“Untuk warga masyarakat juga harusnya sadar agar tidak membuang sampah sembarangan karena dapat menyumbat aliran air sehingga bisa menyebabkan banjir,” pesannya.

Is/Hm/Ed

Leave a Reply