Alumni IPB Salurkan 1900 Paket Bantuan untuk Korban Banjir Jabotabek dan Banten



Baksos Alumni IPB


BOGOR, Bantenlink.com — Minggu, 5 Januari 2020, Himpunan Alumni IPB (HA-IPB), melalui badan otonomnya Aksi Relawan Mandiri (ARM), menyalurkan sebanyak 1.900 paket bantuan bagi korban banjir Jabodetabek. Bantuan tersebut diberangkatkan dari Gedung Alumni IPB Baranangsiang, Bogor bersama 30 relawan ARM yang tergabung dalam Tim Solidaritas Alumni IPB untuk Korban Banjir (SAIBAN).

Ketua HA-IPB,Ir. H. Fathan Kamil, mengatakan bantuan ini merupakan kontribusi dari para alumni IPB di seluruh Indonesia yang disalurkan melalui ARM HA-IPB. Para relawan ARM menyasar beberapa lokasi yang disebut terparah kondisinya akibat banjir, antara lain Villa Nusa Indah, Pondok Gede Permai Jatiasih, Jatiluhur, Villa Jatirasa, Kemang IFI, dan Kompleks Angkatan Laut Jatibening.

Selain mendistribusikan paket bantuan, lanjut Fathan Kamil, relawan ARM HA-IPB juga melakukan kerja bakti pembersihan area perumahan, sekolah, dan tempat ibadah yang terendam lumpur. Di hari yang sama, sebagai bagian dari kegiatan dukungan psikososial, relawan ARM menggelar sesi bermain untuk menghibur 200 anak di Bekasi yang terdampak banjir. Kegiatan dilakukan di Masjid Baitul Mukmin Jatirasa melalui permainan, menyanyi dan menari, permainan, serta menggambar dan mewarnai. Mereka juga menerima bingkisan hadiah serta perlengkapan sekolah.

“Kegiatan ini merupakan salah satu misi Aksi Relawan Mandiri sebagai Lembaga Otonom Himpunan Alumni IPB yang mewadahi kepedulian alumni dan masyarakat untuk membantu penanggulangan dampak bencana alam dan krisis kemanusiaan lainnya,” tutur Fathan Kamil.

Ketua HA-IPB itu menegaskan komitmen Himpunan Alumni IPB membantu pemerintah dan masyarakat dalam program dan kegiatan kesiapsiagaan serta pengurangan risiko bencana.

Sementara, Sekretaris Jenderal ARM HA-IPB, Agus Rusli, mengungkapkan, bantuan awal yang berasal dari alumni IPB itu berupa paket makanan-minuman siap dan cepat saji, perlengkapan mandi, paket khusus untuk kebutuhan kaum perempuan, anak-anak, dan lansia.

“Totalnya sebanyak 1.900 paket yang menjangkau 600 keluarga (KK) dan 200 anak,” terang Agus.

Lanjut dia, antuan kemanusiaan serupa juga dimobilisasi oleh Pengurus Dewan Pimpinan Daerah HA-IPB Banten untuk disalurkan kepada korban banjir dan longsor di wilayah Banten.

Is/Rl/Ed

Baksos Alumni IPB

Leave a Reply