Wisata Ziarah YMDAI, Mahasiswa UIN SMH Ikut Tawasulan di Makam Sultan Maulana Hasanuddin



SERANG, Bantenlink.com — Sejumlah mahasiswa-mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten dibawah pimpinan Aliyuddin Kazhim dan Fahmi, meramaikan wisata ziarah dan kunjungan Masjid Agung Banten yang diselenggarakan Keluarga Besar Yayasan Majlis Dzikir Al Ikhlas (YMDAI), yang dipimpin al Ustadz Al Faqir Endang Haryana Tajuddin Syarif, beralamat di Kampung Manukung, RT 07 RW 04, Desa Rancabuaya, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Ranu (1/1/2020).

Ustadz Endang Haryana selaku pendiri dan pembina YMDAI memimpin langsung kegiatan para pengurus, santri dan keluarga yang bersama-sama melakukan ziarah, tawasulan dan kunjungan di Kawasan Banten Lama atau Kawasan Kesultanan Banten yang dikenal dengan tempat makam Sultan Maulana Hasanuddin serta Masjid Agung Banten Lama itu.

Pendiri dan pembina YMDAI yang memiliki kegiatan aktif dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan gratis dan rutin mengadakan bakti sosial mengatakan, kegiatan bertepatan persis dengan Tahun Baru 1 Januari 2020 ini dimaksudkan sebagai momen yayasan kembali mengawali gerakan di bidang pendidikan, sosial dan keagamaan.

Menurutnya, awal tahun merupakan saat kembali ke langkah yang baru. Kedatangan berziarah kepada waliullah yang sekaligus dapat menjadi ajang family gathering yang rutin dilaksanakan, dapat menstimulasi semangat kerja baru di Keluarga Besar YMDAI yang terus berkembang.

“Family gathering dapat me-refresh semangat kerja baru, dan berziarah pun dapat mengingatkan kita kepada kematian. Datang berziarah ke makam waliullah tentunya dapat mendatangan kebaikan yang semuanya demi meningkatkan kita ketakwaan kehadirat Allah SWT, ” tuturnya.

Ustadz Endang Haryana menambahkan, dalam kegiatan dirinya menjadi imam dzikir untuk bertawasul bersama para mahasiswa, pengurus yayasan, keluarga, santri. Di depan makam Sultan Maulana Hasanuddin di saat tahun baru itu diharapkan insyaallah memberikan karomah. Makanya makamnya sangat ramai dikunjungi masyarakat untuk berziarah, selain berkunjung dan dapat bribadah di Masjid Agung Banten.

Dalam kesempatan itu, rombongan Keluarga Besar YMDAI sempat disambut keluarga kenadziran Kesulatanan Banten TB A Abbas Waseh. Namun karena beliau sedang sakit dan dirawat di rumah sakit Keluaraga Besar YMDAI hanya dilayani oleh putranya. Salah seorang keluarganya juga menemani Ustadz Endang Haryana saat memimpin langsung tawasulan di ruang khusus depan makam Sultan Maulana Hasanuddin.

Ed

Leave a Reply