Pemdes Rancaiyuh Penyuluhan Peningkatan Kapasitas Kelompok Tani



Kades Suherman disaksikan Binamas dan Babinsa desa setempat menyerahkan dua unit traktor secara simbolis dua unit traktor kepada kelompok tani, yang berlangsung di halaman kantor desa setempat, Selasa (31/12/2019)

Penyuluhan peningkatan kapasitas kelompok tani di Desa Rancaiyuh, Selasa (31/12/2012)

TANGERANG, Bantenlink.com — Pemerintah Desa Rancaiyuh, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, dalam hal ini Bidang Pemberdayaan Masyarakat, bertempat di aula kantor desa tersebut menggelar kegiatan peningkatan kapasitas kelompok tani yang diikuti masyarakat, Selasa (31/12/2019).

Kades Rancaiyuh, Suherman, mengatakan kegiatan peningkatan kapasitas kelompok tani yang menghadirkan penyuluh pertanian dari Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Curug. Sedangkan masyarakat yang mengikuti sosialisasi yaitu para ketua RW dan ketua RT serta elemen masyarakat lainnya.

“Materi penyuluhan diantaranya pembudidayaan tanaman obat keluarga (toga), seperti perlunya menanama seledri, kunyit, jahe, kemangi, kumis kucing dan ciplukan (cecenet). Tanaman-tanaman ini ada yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pengobatan maupun sebagai bumbu masakan,” papar Suherman.

Kades Suherman menambahkan, pembudidayaan toga sendiri mudah dilakukan. Meskipun tidak memiliki lahan dapat ditanam di dalam pot atau kantong plastik.

Namun begitu, lanjut Suherman, dalam peningkatan kapasitas kelompok tani masyarakat perlu mengikuti pelatihan-pelatihan dan mengembangkan inovasi.

Dalam memberikan dorongan pada dua kelompok tani, seusai acara di halaman kantor desa, Kades Suherman disaksikan Binamas dan Babinsa setempat menyempatkan diri menyerahkan dua unit traktor secara simbolis untuk dua kelompok tani.

“Di desa Rancaiyuh sendiri yakni di Kampung Rancadulang dan Kampung Kebon. terdapat beberapa kelompok tani. Bahkan ada kelompok wanita tani yang merupakan bagian Pokja 3 PKK. Dalam waktu dekat kelompok wanita tani ini akan melakukan studi banding ke Brebes,” ungkap Kades yang akrab dengan panggilan Pak Lurah Dogong ini.

EDY TANJUNG

Leave a Reply