Kades: Desa Serdangwetan Mau Mandiri, Tak Cuma Dibantu Pemerintah

Kades Hartono
TANGERANG|BL, Jumat (22/1/2016)-Pemerintah Desa Serdang Wetan,Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.Banten, saat ini dalam proses memiliki Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes).

“Dimaksudkan agar desa tersebut menjadi desa yang mandiri dan tak semata-mata hanya mengharapkan bantuan pemerintah,” ucap Hartono selaku Kades Serdang Wetan.



Menurutnya, program yang diajukan ke Kementrian Desa itu berupa pembuatan pusat budi daya ikan air tawar terpadu dengan sistem Aquaponik, dengan media terpal airmyapun menjadi tidak kotor, berguna untuk menyiram sayuran yang ditanam.

“Rencananya lahan yang dipakai seluas 4,3 hektar. Sebagai kepala desa saya hanya memfasilitasi saja. Nanti semua yang mengerjakan warga, sehingga masyarakat Serdang Wetan lebih sejahtera,” lanjut Hartono mantap.

Ditanya tentang site plan-nya, disebutkannya sudah dibuat, tinggal menunggu dananya turun.Harapan Harotno semoga cepat terealisasi.

Lebih jauh Kades Serdang Wetan itu menerangkan, kalau program tersebut tak hanya menggagas pusat budi daya ikan air tawar saja, tetapi juga membentuk koperasi petani sebagai wadah produksi dan pemasarannya.

Menariknya, akan dibangun pula pusat rekreasi serta edukasi yang nyaman dengan tempat parkir luas. (titing)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply